Ulasan Lengkap Tentang Peci Pria Terkini

Ulasan Lengkap Tentang Peci Pria Terkini

Apakah kalian mengetahui apa itu peci pria? Tentunya sudah sering dijumpai setiap harinya, peci yang mungkin orang awam mengetahui bahwa peci digunakan untuk beribadah terutama yang beragama Islam, namun ada Beberapa orang yang menyebutnya sangkok. Apa itu sangkok? Kalau dilihat secara sepintas Bahasa ini jarang digunakan namun pada masyarakat tertentu kata ini sudah popular.

Ulasan Lengkap Tentang Peci Pria Terkini

Sangkok merupakan sebutan dari peci pria seseorang juga menyebutnya kopiah, yang merupakan salah satu jenis topi tradisional bagi orang Melayu. Di Indonesia, juga menjadi bagian dari pakaian nasional, dan biasannya dipakai oleh orang Islam, juga dipakai oleh tentara dan polisi Malaysia dan Brunei pada upacara-upacara tertentu.

Biasannya ketika ada yang pernikahan kalau orang melayu biasannya pakai pantun untuk menyambut pengantin baru, dan biasannya mempelai perempuan dan juga mempelai laki-laki mengutus seseorang untuk beradu pantun, biasannya yang diutus adalah seorang laki-laki dan yang terpercaya kemudian pakaian yang digunakan sederhana dan tidak lupa menggunakan sarung juga peci pria.

Beberaoa Negara sudah mengenal misalnnya bagi masyarakat Melayu di Malaysia, Singapura, Indonesia dan selatan Thailand. Perlengkapan ini merupakan perlrngkapan yang berasal dari pakaian yang dipakai di Ottoman Turki. Juga sudah popular dikalangan India Muslim dan menurut pakar.

Memang sudah mendunia dan memang sudah diakui oleh masyarakat banyak bagi para kalangan orang Islam di Nusantara, menjadi pemakaian kepala yang resmi ketika akan menghadiri upacara-upacara resmi seperti upacara perkawinan, salat Jumat, upacara keagamaan dan sewaktu menyambut Idul Fitri dan Idul Adha.

Bahan Untuk Membuat Peci

Peci menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki pengertian sebagai penutup kepala untuk pria. Bahan ini terbuat dari kain atau bahan lain dibentuk meruncing kedua ujungnya.Kemudian dirangkai sedemikian rupa dengan ukuran yang bermacam-macam, biasannya ada ukuran S, M, L, XL ukuran ini tergantung dari kepala masing-masing. Seperti yang sudah dijelaskan diatas ada seseorang yang menyebutnya yakni kopiah atau songkok. Sedangkan, di  Eropa dan Amerika masyarakatnya menyebut kopiah atau peci itu dengan sebutan Kufi. taqiyat, topi fez, songkok, dan lainnya.

Fungsi Penggunaan Peci

Semuanya sebenarnya mempunyai berfungsi sama yaitu sebagai penutup kepala, sejarahnya berbeda-beda. Pada masa penjajahan Belanda disebut Petje. Yaitu, dari kata Pet yang diberi imbuhan je. Sedangkan kopiah berasal dari kata kaffiyeh atau kufiya. Songkok dalam bahasa Inggis dikenal istilah skull cap atau batok kepala topi, sebutan oleh Inggris bagi penggunanya di Timur Tengah.

Dan masih banyak pngertiannya yang perlu kalian ketahui dari berbagai sumber yang ada, karena diberbagai daerah menyebutnya dengan nama yang berbeda-beda namun pada intinya fungsinya adalah sama. Dan peci pria memiliki filosofi terutama untuk ibadah atau untuk acara-acara yang bersifat resmi ini biasannya digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *