Trend Penggunaan Baju Adat Modern Saat Ini

Kalau berbicara mengenai fashion bukan saja melulu mengenai busana modern ataupun pakaian-pakaian yang selalu kekinian dengan model dan bentuk terbarunya. Sadar tidak sadar ternyata baju adat juga mempunyai peran penting dalam memberikan inspirasi menciptakan pakaian yang masih tetap menjaga kebudayaan Indonesia. Seperti yang telah diketahui banyak sekali kebudayaan yang ada di negara ini dari Sabang sampai dengan Merauke. Dan hampir kesemuanya mempunyai baju tradisional yang menjadi ciri khas setiap daerah masing-masing. Misalnya saja di Jawa mulai dari Jawa Barat, Jawa timur, Jawa Tengah, dan lain sebagainya.

Sampai saat ini masih banyak model baju tradisional yang digunakan dalam acara-acara formal seperti pernikahan, berikut ini beberapa trend busana tradisional yang masih sering digunakan antaranya:

  • Kebaya.

Pakaian adat yang pertama yaitu kebaya, ini merupakan salah satu busana yang paling populer dan masih sering digunakan dalam acara resmi terutama untuk daerah Jawa. Memiliki model dan juga desain yang menarik membuat masyarakat selalu ingin mengenakan pakaian satu ini dalam acaranya seperti pernikahan, wisuda, atau lainnya. Namun memang seiring perkembangan jaman tidak sedikit perubahan yang terjadi baik dalam model, bahan, warna atau lainnya. Tetapi hal tersebut tetap tidak meninggalkan ciri khas dari busana tersebut.

  • Surjan.

Selanjutnya ada baju tradisional yang sering digunakan oleh para abdi dalem keraton atau masyarakat keratonan. Ya, surjan merupakan salah satu baju adat yang sampai saat ini masih eksis, padahal dahulu pemakaiannya hanya ada pad orang-orang tertentu saja tapi sekarang banyak orang yang mengenakan. Bahkan beberapa desainer besar mengembangkan busana ini menjadi salah satu trend fashion busana sampai kancah internasional.

  • Beskap.

Sebagai orang Jawa asli tentunya tidak asing dengan pakaian adat yang sering disebut dengan beskap. Ini hampir mirip dengan jas yang sering digunakan oleh pria dalam beberapa acara resmi atau formal. Dan tidak jarang para calon pengantin yang memilih mengusung konsep tradisional dalam pernikahannya memilih untuk mengenakan busana satu ini. Penggunaan busana ini tidak mengurangi tingkat kewibawaan seseorang.

Baca juga beberapa fashion yang sedang trend di kalangan anak muda, lihat selengkapnya di trikfashion.com

  • Batik.

Jangan salah batik merupakan salah satu busana yang ada di negara Indonesia yang terkenal sampai dengan mancanegara. Sampai saat ini banyak sekali pakaian dengan model dan juga jenis batik modern yang dibuat sangat menarik. Bahkan beberapa perusahaan besar menetapkan satu hari kerja untuk mengenakan pakaian batik. Itulah wujud dari pelestarian kebudayaan terutama busana batik yang dahulu hanya digunakan oleh para bangsawan.

  • Basahan.

Kemudian ada lagi busana yang sering digunakan dalam acara pernikahan yaitu basahan. Sampai sekarang baju adat ini masih diminati banyak masyarakat yang akan melakukan upacara pernikahan. Tidak kalah mengagumkan busana jawa satu ini jika dikenakan dari pada dengan gaun modern pernikahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *