Tips Perawatan Jeans Pria Agar Tahan Lama

Celana jeans merupakan salah satu item fashion paling digemari, terutama oleh anak muda. Bawahan yang identik dengan gaya santai dan trendy ini memang cocok dikenakan di berbagai momen, mulai dari momen santai seperti untuk nongkrong, momen semi formal seperti menghadiri acara ulang tahun, hingga momen formal seperti kuliah ke kampus. Tidak heran jika celana jeans dianggap sebagai celana sejuta umat. Ciri khas celana jeans adalah bahannya yang agak tebal dibandingkan dengan bahan celana lainnya, untuk itu perawatan celana jeans berbeda dengan jenis celana lain. Salah satu jenis celana jeans yang perlu dirawat secara khusus adalah celana jeans pria. Berikut ini akan dibahas mengenai tips perawatan celana jeans untuk pria yang biasanya desainnya lebih kompleks.

Perhatikan Petunjuk di Label Jeans

Di sebagian besar celana jeans pria, terutama jeans yang diproduksi brand terkenal, terdapat label di bagian belakang sisi dalam jeans yang berisikan tentang instruksi dan cara perawatan jeans tersebut. Perhatikan petunjuk dalam label secara detail, mulai dari saran pencucian, suhu air yang dibutuhkan untuk mencuci jeans tersebut, bahkan hingga larangan-larangan yang sepatutnya dihindari, misalnya tidak boleh mencucinya dengan sikat atau mesin cuci. Dengan mengikuti petunjul pada label jeans, jeans akan lebih awet.

Perawatan Jeans Baru

Untuk jeans pria yang baru dibeli, cara perawatan agar warnanya tidak lekas putar dan lebih tahan lama, sebaiknya merebus atau merendamnya dengan air cuka yang dicampur sedikit garam. Caranya adalah, rebuslah air yang mendidih, untuk volume air disesuaikan dengan sejauh mana air tersebut bisa merendam jeans dengan sempurna (bisa basah semua), setelah mendidih angkatlah air tersebut dan masukkan ke dalam ember, kemudian masukkan air cuka kira-kira tiga hingga lima sendok makan, tergantung volume air. Tambahkan satu sendok kecil garam, lalu aduk air tersebut dengan gayung hingga rata. Terakhir, masukkan celana jeans yang baru dibeli ke air tersebut, tunggu hingga lima jam, bilas lalu jemur. Celana jeans sudah siap dipakai.

Baca Juga: Fashion Terkini : Inspirasi Celana Ngatung Untuk Pria yang Ingin Tampil Kekinian

Jangan Dijemur di Bawah Matahari Langsung

Salah satu penyebab celana jeans mudah luntur atau pudar warnanya adalah terkena sinar matahari langsung dalam keadaan jeans masih basah. Oleh sebab itu, setelah mencuci celana jeans, hendaknya lebih mengandalkan pengeringan dengan angin, atau dijemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung namun dapat terkena cukup cahaya dan angin. Cara paling mudah dan aman ketika menjemur jeans adalah dengan membaliknya terlebih dahulu, sehingga yang dijemur adalah sisi dalamnya.

Selain cara pencucian yang benar, cara menyetrika juga akan mempengaruhi keawetan warna jeans pria. Ketika akan menyetrika jeans, biarkan celana jeans tetap dalam keadaan terbalik, sehingga yang terkena panas setrikaan adalah bagian sisi dalamnya yang memang lebih pudar. Dengan demikian, warna jeans akan tetap terjaga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *