Tips Merawat Sepatu

Kebanyakan wanita selalu memiliki koleksi sepatu lebih dari satu. Koleksi tersebut biasanya terdiri dari berbagai jenis sepatu. Mulai dari sepatu sneaker, flat shoes, boots dan lain lain. Tak ketinggalan highheels dan rupa rupa sepatu pesta cantik.

Para wanita memang seringkali tak ragu menyediakan budget yang tinggi untuk melengkapi koleksi sepatunya. Apa lagi jika model sepatu wanita terbaru baru saja dikeluarkan, mereka yang memang gemar mengkoleksi sepatu pasti langsung berlomba memburunya. Apalagi kini kegiatan belanja menjadi lebih mudah semenjak dikembangkannya berbagai cara untuk belanja online.

Karena banyaknya jumlah sepatu yang ada, tentu membuat beberapa di antaranya menjadi jarang digunakan. Jangan kira hanya sepatu yang sering dipakai yang bisa rusak. Sepatu yang hanya dibiarkan di rak sepatu juga bisa rusak seiring waktu, apalagi jika perawatannya tidak tepat. Lantas bagaimanakah cara merawat sepatu yang tepat?

Cara Merawat Sepatu

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar sepatu yang dapat berumur panjang. Tips berikut dapat diaplikasikan pada sepatu yang sering dipakai maupun jarang dipakai. Cara merawat sepatu yang benar adalah:

  1. Jaga Kebersihan

Sepatu yang sering dipakai jelas perlu lebih sering dibersihkan. Usahakan untuk selalu membersihkan sepatu yang habis dipakai dan pastikan sepatu tersebut kering sebelum diletakan kembali ke rak sepatu. Sementara sepatu yang jarang dipakai, seperti sepatu hak tinggi untuk wisuda, cukup dilap dari debu setiap beberapa minggu sekali.

  1. Bersihkan Bagian Dalam

Bagian sepatu yang harus dijaga kebersihannya bukan hanya bagian dalam. Kebersihan bagian dalam juga perlu dijaga agar sepatu tak mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Cara termudah untuk menjaga bagian dalam sepatu adalah dengan mengelapnya menggunakan kain yang telah diberi tetesan alkohol atau tea tree oil.

  1. Jangan Direndam

Apabila Anda berniat mencuci sepatu, hindari kebiasaan merendam sebelum mencucinya. Langkah langkah mencuci sepatu tak bisa disamakan dengan baju. Proses perendaman dapat merusak permukaan lapisan warna sepatu dan membuat warnanya lebih cepat pudar.

  1. Hindari dari Kelembaban

Udara yang lembab dapat membuat sepatu Anda berjamur dan mengeluarkan bau tak sedap. Oleh karena itu Anda perlu memastikan sepatu dan suhu di sekitar tempat penyimpanannya tetap kering. Anda bisa menempatkan 1 buah silica gel di dalam setiap sepatu untuk menghindarkannya dari kelembaban. Selain itu usahakan juga untuk menjemur koleksi sepatu sepatu Anda setidaknya satu kali setiap bulan.

  1. Semir Sepatu

Jika memiliki sepatu kulit, maka sangat penting untuk menyemirnya setiap beberapa waktu meskipun jarang dipakai. Semir sepatu memiliki kandungan yang dapat menjaga bahan kulit pada sepatu Anda dari berbagai kerusakan. Menyemir sepatu juga akan membuat sepatu kulit Anda senantiasa terlihat bersih dan mengkilap. Dapatkan produk tersebut di link ini: https://review.bukalapak.com/fashion/ini-dia-7-model-sepatu-hak-tinggi-yang-nyaman-untuk-dipakai-wisuda-26260

Jika memungkinkan, Anda juga perlu mengusahakan untuk selalu mengenakan kaos kaki. Kaos kaki memiliki tekstur yang halus sehingga tak akan merusak bagian dalam sepatu. Selain itu kaos kaki juga dapat membantu menyerap keringat pada kaki yang sangat mungkin membuat aroma sepatu menjadi kurang sedap. Jika warna sepatu telah mulai pudar, Anda bisa mempertimbangkan untuk membawanya ke shoes care dan melakukan pewarnaan ulang. Sementara untuk sol sepatu yang mungkin sudah terlihat ringkih, segeralah mengesolnya ulang agar kerusakan tak menjadi semakin parah. Jangan lupa untuk menyusun sepatu serapi mungkin dan tidak saling menumpuk satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *