Tips Merawat Sepatu Original Murah Berbahan Kulit untuk Para Pencinta Gaya Formal!

Bagi kaum laki-laki, sepatu kulit adalah salah satu jenis sepatu yang wajib dimiliki. Selain memiliki tampilan yang elegan, sepatu kulit juga merupakan jenis sepatu esensial untuk digunakan dalam rangka mendukung penampilan formal seorang pria. Akan tetapi, memiliki sepatu kulit tentu tak hanya sekadar memiliki dan memakainya saja. Perawatan intensif untuk menjaga kebersihan dan daya tahan sepatu adalah hal yang harus dilakukan para pemilik sepatu ini. Agar tak salah kaprah dalam perawatan, berikut adalah cara merawat sepatu kulit yang benar yang harus kamu tahu!

  1. Kenali jenis sepatu kulitmu

Langkah paling pertama dan utama yang harus dilakukan sebelum melakukan perawatan adalah, kamu harus mengenali dulu jenis sepatu kulitmu. Apakah sepatu tersebut terbuat dari kulit beludru yang merupakan sepatu original dengan harga tinggi atau terbuat dari bahan kulit sapi biasa yang merupakan sepatu original murah. Hal ini dikarenakan jenis kulit yang menjadi bahan pembuat sebuah sepatu akan menentukan intensitas dan cara perawatan sepatu tersebut nantinya. Selain itu, bahan kulit juga mempunyai tingkat kelembaban dan keelastisan yang berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Oleh karena itu, mengenali jenis sepatu kulit apakah sepatu tersebut original atau sepatu original murah dengan cara bertanya pada penjual dan melihat pada label sepatu adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan perawatan.

  1. Memastikan sepatu selalu dalam keadaan kering terutama saat akan disimpan

Hal kedua yang harus dilakukan apabila kamu memiliki sepatu kulit adalah, kamu harus memastikan bahwa sepatu kulit tersebut berada dalam keadaan kering terutama saat setelah pemakaian dan ingin disimpan kembali. Hal ini dikarenakan udara lembab yang ada pada sepatu akan menyebabkan sepatu kulitmu mudah berjamur dan lapuk sehingga akan mudah rusak saat dipakai.

Adapun hal yang dapat dilakukan untuk memastikan sepatu kulit kering adalah dengan meletakkan silica gel atau koran bekas di dalam dan sebagai pembungkus sepatu, agar udara lembab yang ada dapat terserap seluruhnya.

  1. Tata sepatu dengan kondisi yang baik

Hal ketiga yang harus diperhatikan bagi para pengguna sepatu kulit adalah, sepatu harus ditata dengan rapih dan dalam kondisi yang baik. Kondisi yang baik di sini maksudnya adalah sepatu tidak ditumpuk sembarangan dan diletakkan tidak berjarak sehingga akan merusak tekstur sepatu. Selain itu, ketidakhati-hatian dalam penataan juga akan mengakibatkan noda lecet permanen karena sepatu kulit bergesekan dengan jenis sepatu lain.

  1. Rajinlah menjemur sepatu kulitmu

Hal berikutnya yang harus dilakukan bagi para pengguna sepatu kulit adalah harus rajin menjemur sepatu kulit yang dimiliki seminggu sekali di bawah terik sinar matahari, agar udara lembab dan jamur yang ada di dalam sepatu mati sempurna. Hal ini lebih baik dibandingkan dengan mengeringkan sepatu menggunakan hairdryer.

Adapun cara penjemuran sepatu kulit di bawah sinar matahari yang benar adalah siapkan alas berupa koran atau kain lembut, lalu letakkan sepatu kulit di atasnya. Pastikan sinar matahari tidak terlalu panas dimana sinar yang paling cocok adalah sinar matahari pagi. Jemur selama kurang lebih 30 menit lalu angkat sepatu kulit tersebut.

  1. Melakukan penyemiran sepatu

Hal terakhir yang dilakukan untuk merawat sepatu kulit adalah menyemir sepatu. Khususnya untuk sepatu kulit coklat, cara merawat sepatu kulit coklat sedikit berbeda, salah satunya adalah harus rajin melakukan penyemiran sehingga warnanya menjadi lebih mengkilat dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *