Tips Memilih Songkok Berkualitas

Tips Memilih Songkok Berkualitas

Songkok – kopyah atau yang biasa disebut dengan songkok merupakan salah satu perlengkapan ibadah seorang laki laki muslim yang digunakan saat beribadah. Selain ketika beribadah, biasanya songkok juga digunakan saat menghadiri acara resmi tertentu. Acara resmi misalnya upacara perkawinan, upacara keagamaan dan salat Jumat maupun acara resmi lainnya.

Tips Memilih Songkok Berkualitas

Selain itu, songkok juga digunakan pelengkap untuk baju adat melayu dalam menghadiri acara tertentu. Namun sebelum anda membeli songkok baru, ketahui dulu songkok berkualitas yang nyaman digunakan. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk memilih songkok berkualitas.

  1. Memilih Bahan Yang Keras

Songkok berkualitas yang pertama ialah yang memiliki ketebalan bahan. Keras tidaknya bahan songkok juga bisa berpengaruh terhadap kualitasnya. Untuk itu, anda bisa merasakan ketebalan bahannya dengan cara diraba. Jika songkoknya keras, itu artinya kualitasnya lebih baik. Namun sebaliknya, jika songkoknya lentur, biasanya kualitasnya kurang bagus.

  1. Memilih Songkok Yang Tidak Mudah Ditekuk

Bukan hanya berbahan keras saja songkok yang bagus. Tapi juga yang tidak gampang ditekuk. Jadi, dengan kelebihan ini menandakan jika songkok tersebut terbuat dari bahan kualitas tinggi sehingga tidak lentur. Sehingga songkok yang tertekuk tampak kurang bagus saat digunakan.

  1. Jangan Memilih Songkok Dengan Serabut Dipinggiran

Pada songkok berkualitas juga tidak ditemukan adanya serabut dibagian pinggirnya. Karena serabut di tepi songkok bisa menjadikan songkok lebih mudah rusak. Untuk itu, carilah songkok yang tidak ada serabutnya dibagian tepi songkok.

Baca Juga : Tips Fashion Muslimah Untuk Wanita Pendek

  1. Melihat Merk Berkualitas Terjamin

Hal yang lazim dalam pembelian songkok berkualitas adalah memilih brand berkualitas tinggi. Meskipun harganya sedikit mahal, namun cara ini cukup bagus untuk memilih tipe songkok berkualitas bagus. Selain itu, setiap brand juga punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Untuk memilih brand mana yang kualitasnya bagus, anda bisa menanyakan pada konsumen yang sudah pernah mengenakannya. Anda pun bisa cari tahu di internet mengenai brand songkok mana yang terbaik.

  1. Tidak Perlu Berpatokan Harga

Masalah harga juga hal yang sangat penting dalam memilih songkok berkualitas. Meskipun tak ada patokan khusus dalam memilih harga yang pas untuk songkok berkualitas, namun intinya carilah songkok dengan harga yang wajar. Jadi, tak terlalu mahal atau terlalu murah.

Sesuaikan harga dengan bahan yang dibuat untuk songkok tersebut. Songkok berbahan kualitas tinggi tentunya mempunyai mutu tinggi pula. Meskipun begitu, tak ada jaminan juga bila songkok yang harganya mahal mempunyai kualitas bagus. Dan sebaliknya, tak selamanya songkok harga murah punya kualitas kurang bagus. Intinya, pilih harga yang normal dan tidak terlalu murah.

Itulah penjelasan tentang bagaimana tips memilih songkok berkualitas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *