Tips Memilih Pakaian Kantor Bagi Wanita

wanita kantor

Berpakaian rapi sudah menjadi kewajiban yang dimiliki oleh semua orang, apalagi bagi wanita karir yang beraktivitas sebagai pekerja kantoran. Pakaian yang dikenakan harus selalu rapi dan sopan sesuai aturan sehingga aktivitas kerja dapat berjalan lancar. Namun selain mengutamakan faktor kesopanan dan kerapian dalam berpenampilan, ada juga beberapa tips lainnya yang harus diperhatikan oleh para wanita karir dalam memilih pakaian kantor yang tepat untuk bekerja. Berikut ini beberapa tips memilih pakaian kantor yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  • Tentukan jenis pakaian yang akan dikenakan dengan tepat.

Memilih jenis pakaian yang tepat adalah salah satu tips utama yang harus diperhatikan oleh para wanita karir ketika bekerja. Pilihlah jenis pakaian formal yang sesuai dengan suasana kerja di kantor Anda. Beberapa jenis pakaian formal yang cocok untuk wanita karir antara lain kemeja, blues, blazer, celana hitam, rok dan beberapa pilihan jenis pakaian lainnya. Selain disesuaikan dengan suasana kerja yang formal, pemilihan jenis pakaian juga perlu dilakukan sesuai kenyamanan ukuran dan postur tubuh secara tepat sehingga menghasilkan tampilan yang lebih terlihat proporsional dan elegan.

Baca Juga : Tips berpakaian wanita gemuk

  • Perhatikan warna dan detail pakaian secara seksama.

Melakukan padu-padan busana kerja sangatlah penting bagi setiap wanita. Dalam hal ini, memperhatikan warna dan setiap detail pakaian yang akan dikenakan harus diamati dengan sebaik-baiknya. Dalam tips memilih pakaian kantor yang satu ini, Anda perlu memilih warna-warna yang netral untuk mencegah kesan tampilan yang berlebihan. Anda juga perlu memilih detail busana yang simple dan sederhana agar penampilan kerja terlihat lebih profesional. Pilihlah 2 atau 3 warna pada pakaian yang cocok dengan satu jenis aksesoris yang cukup menunjang agar penampilan semakin berkesan.

  • Hindari pakaian ketat.

Salah satu kriteria pakaian sopan yang harus diperhatikan oleh setiap wanita ketika bekerja adalah ukurannya yang pas dan tidak ketat. Pakaian ketat, transparan dan terlalu seksi membuat kesan sopan menjadi hilang. Tentu saja hal ini dapat merusak citra diri sebagai seorang karyawan profesional. Tak hanya itu saja, penampilan pakaian yang tidak sopan juga mengganggu konsentrasi dan suasana kerja sehingga wajib dihindari untuk mencegah hal-hal yang tak diharapkan.

Selain memperhatikan beberapa tips memilih pakaian kantor yang tepat dan berpakaian rapi seperti penjelasan di atas, setiap wanita karir juga perlu memperhatikan make up atau riasan wajah dan aneka macam pemilihan aksesoris dalam berpenampilan. Hindarilah riasan wajah dan penggunaan aksesoris yang berlebihan. Gunakanlah setiap riasan dan aksesoris secukupnya sesuai kebutuhan dan standar aturan perusahaan tempat Anda bekerja secara profesional. Pastikanlah semuanya dilakukan secara tepat sesuai tempatnya sehingga aktivitas kerja berjalan lancar dan penampilan tetap tertunjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *