Tips Memilih Makeup yang Tepat untuk Jenis Kulit Sensitif

Banyak wanita kurang percaya diri karena memiliki wajah yang terdapat banyak kekurangan, mulai dari kulit wajah yang tidak putih, mata kurang besar, hidung tidak mancung dan masih banyak hal lainnya. Semua bisa disiasati dengan menggunakan makeup, alat ajaib yang bisa menyamarkan bahkan menghilangkan kekurangan dalam wajah, bahkan noda hitam akibat sisa jerawat. Wanita bisa tampil terlihat lebih cantik, ini cara paling praktis dan mudah tanpa adanya efek samping apapun. Paling harus kembali menata riasan beberapa jam selanjutnya, apalagi jika sering berada di luar ruangan.

Sayangnya pemoles wajah yang ada di pasaran tidak bisa digunakan untuk semua jenis kulit, apalagi yang cenderung sensitif. Akan muncul gangguan, seperti gatal, bentol kemerahan hingga ruam jika mengabaikan rasa gatal dalam jangka panjang. Anda yang ingin tampil cantik dan sehat, perhatikan cara pemilihan pemoles wajah, apalagi untuk jenis kulit sensitif:

  • Baca label kemasan setiap produk. Bagi Anda yang sering kali mengalami alergi pada beberapa produk karena kulit sensitif, maka sebaiknya memilih produk yang mencantumkan tanda khusus. Biasanya memang ada produk untuk kulit sensitif, seperti remaja yang baru pertama kali penggunaan makeup. Pastikan semua kandungan dalam kemasan aman dan disertai label lolos BPOM RI, selain itu perhatikan tulisan dermatology tested, ini menjelaskan jika sudah dilakukan uji pada kulit. Bisa juga adanya tulisan hypoallergenic, ini produk khusus untuk kulit yang sering mengalami alergi.
  • Batasi penggunaan produk pada wajah. Memang penggunaan pemoles wajah untuk mendukung penampilan, namun bagaimana jika terjadi ruam atau alergi. Tentu tidak boleh digunakan kembali bukan, untuk itulah jangan terlalu banyak menggunakan produk pada wajah. Ada batasan tertentu yang tidak bisa diterima kulit, apalagi mengabaikan kebutuhan nutrisinya. Jika perlu, jangan gunakan terlalu banyak dan terlalu sering.
  • Lakukan tes pada kulit sebelum membeli. Tertarik untuk mencoba produk baru, tapi tidak tahu apakah nantinya akan alergi atau tidak, karena produk yang dibeli sudah tidak bisa lagi dikembalikan, terlebih setelah penggunaan. Untuk itu, lakukan tes singkat pada bagian punggung tangan, oleskan dan tunggu beberapa menit. Jika tidak ditemukan ruam, bintik dan gatal maka aman dan bisa digunakan secara teratur.
  • Kandungan bahan alami belum tentu cocok untuk kulit. Banyak produk yang menawarkan keunggulan kandungan alami, padahal belum tentu semuanya cocok untuk kulit. Bahkan sebaiknya hindari kandungan paraben, triclosan, sodium lauryl sulfate, acetylated lanolin alcohol, ini semua membuat kulit semakin mengeras dan ketergantungan pada satu produk. Bahkan tidak aman digunakan dalam jangka panjang, efeknya memang tidak akan terasa sekarang, biasanya setelah tidak lagi digunakan.

Sebaiknya bijak dalam menggunakan produk untuk wajah, lebih baik untuk kulit wajah remaja yang cenderung sensitif jangan memakai makeup berat terlebih dahulu. Cukup bersihkan kulit wajah secara teratur, ini akan membuat kulit tetap bisa bernapas lega. Bersihkan sisa polesan wajah sebelum tidur, untuk mengurangi timbunan kotoran yang menyebabkan jerawat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *