Tips Membersihkan Kalung Emas yang Mulai Menghitam  

Kalung merupakan jenis perhiasan yang banyak difavoritkan terutama untuk para wanita. Penggunaannya yang berada di leher membuat si pemakai terlihat lebih menarik dan feminism. Namun karena itu juga kalung lebih cepat kotor dibandingkan perhiasan yang lain. Leher merupakan tempat lekukan tubuh yang biasanya mengeluarkan keringat yang lebih banyak sehingga kalung bisa berubah menjadi hitam akibat terkena keringkan atau kotoran lainnya. Meski kalung emas yang terbuat dari bahan logam muliapun, jika terus menerus terkena kotoran dan keringat akan tetap kumuh dan hitam sehingga perlu dibersihkan.

 

Untuk membersihkan perhiasan emas, Anda bisa menggunakan jasa pembersihan perhiasan yang banyak diberikan oleh toko perhiasan. Namun tentu saja ada harga yang harus Anda bayar untuk jasa tersebut. Namun selain menggunakan jasa pembersih perhiasan, Anda juga bisa membersihkan sendiri perhiasan yang dimiliki dengan cara-cara yang lebih sederhana dan murah karena bahannya bisa diambil dari dapur Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membersihkan perhiasan emas baik kalung, gelang, anting dan sebagainya.

Baca Juga :: Trend Wanita Terbaru Ragam Aksesoris Kalung

Dengan sabun pencuci piring.

Sabun cair pencuci piring bisa Anda gunakan untuk membersihkan kalung emas. Caranya dengan melarutkan cairan pencuci piring dengan menggunakan air hangat dan bukan air panas. Larutkan cairan pencuci piring dengan air hangat kemudian rendam perhiasan selama 5 menit. Setelah itu gosok menggunakan sikat berbulu halus.

 

Dengan pasta gigi.

Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan emas. Caranya sama dengan menggunakan cairan pencuci piring yaitu dengan melarutkan terlebih dahulu pasta gigi kemudian merendam perhiasan emas selama beberapa menit. Gosok menggunakan sikat gigi lembut hingga warna kalung menjadi seperti semula.

 

Menggunakan cairan ammonia encer.

Cairan ammonia bisa dibeli di toko kimia. Namun pastikan Anda mengencerkannya dengan air terlebih dahulu sehingga cairan tidak pekat. Kegunaan larutan ini adalah untuk membersihkan perhiasan yang sangat kotor dan hampir berlumut. Caranya adalah dengan merendam perhiasan di dalam cairan hingga terendam sempurna. Namun jika kalung yang Anda miliki mempunyai batu Mutiara atau batu mulia lain sebaiknya tidak menggunakan cairan ammonia untuk membersihkannya. Cairan ini juga tak boleh digunakan untuk membersihkan terlalu sering karena dikhawatirkan bisa mengelupas emas.

 

Cara-cara di atas bisa Anda lakukan untuk membersihkan kalung emas beserta perhiasan emas yang lain. Lakukan pembersihan perhiasan minimal sebulan sekali dan bisa lebih sering jika perhiasan tersebut selalu Anda pakai. Untuk menjaga kebersihan perhiasan, sebaiknya melepas kalung, cincin dan gelang saat melakukan pekerjaan rumah ataupun saat bermain di luar seperti ketika outbound. Meski dalam keadaan kotor emas tetap akan laku di pasaran namun pastinya jika digunakan sebagai perhiasan tak akan layak dan indah seperti ketika bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *