Tips Memadukan Warna Pakaian untuk Muslimah

Menutup aurat merupakan kewajiban bagi setiap muslimah. Salah satu pilihan untuk menutup aurat adalah mengenakan pakaian yang tertutup dan mengenakan hijab. Ketika muslimah memutuskan untuk berhijab, tidak sedikit yang beranggapan bahwa hijab atau jilbab dapat membatasi muslimah dalam berekspresi, terutama dalam memilih pakaian. Padahal sebenarnya, muslimah berjilbab tetap bisa bebas berekspresi dalam berbusana, sejauh busana tersebut sopan dan mampu menutupi aurat secara baik dan sempurna. Untuk dapat mengekspresikan diri dan menunjang penampilannya agar lebih fresh, salah satu hal yang bisa dilakukan oleh para muslimah adalah memilih pakaian dengan warna yang tepat. Perpaduan warna pakaian akan memberikan kesan tertentu bagi pemakainya, sehingga memilih warna pakaian yang tepat dan sesuai tentu akan mendongkrak penampilan para muslimah. Berikut ini adalah beberapa tips memadukan warna pakaian untuk muslimah.

Siapkan Pakaian Berwarna Netral dan Kalem

Sebagai langkah awal, para muslimah yang ingin memperbaiki penampilannya dengan mengandalkan perpaduan warna pakaian adalah menyiapkan pakaian yang berwarna netral dan kalem, misalnya hitam, putih, salem, abu-abu muda, cokelat muda, cokelat tua, dan warna kalem lainnya. Pakaian berwarna netral dan kalem akan cenderung cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis warna lainnya, dan juga cocok disandingkan dengan pakaian bercorak ramai sekalipun. Item fashion yang mesti dipersiapkan dengan warna-warna tersebut adalah jilbab (minimal lima warna netral atau warna kalem) dan kemeja (minimal tiga warna). Sementara untuk rok atau bawahan, disarankan menyiapkan rok atau bawahan berwarna hitam, cokelat tua, dan warna jeans. Jika sudah memiliki pakaian dengan warna dasar yang netral dan kalem, para muslimah nantinya akan lebih mudah memadukan warna antara satu item fashion dengan item fashion lainnya.

Memadukan dengan Pakaian yang Memiliki Corak

Setelah menyiapkan pakaian polos dengan warna netral dan kalem sebagaimana dijelaskan di atas, siapkan pula pakaian-pakaian yang memiliki corak alias tidak polos, misalnya dengan motif garis-garis vertikal yang memadukan lebih dari satu warna, bisa pula mengandalkan pakaian yang merupakan kombinasi beberapa warna yang cerah, seperti biru muda, kuning, merah marun, hijau muda, hijau lumut, atau warna muda atau warna tua lainnya yang tidak terlalu mencolok.

Rumus Memadukan Berbagai Warna Pakaian

Jika pakaian dengan warna-warna yang telah disebutkan di atas sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memadukan warna berbagai item fashion tersebut. Jika ingin berpenampilan kalem, para muslimah bisa mengandalkan perpaduan dua atau tiga warna, misalnya pakaian berupa kemeja atau kaos lengan panjang garis-garis berwarna salem dipadukan dengan jilbab berwarna cokelat muda dan celana jeans hitam. Rumus memadukan berbagai warna yang paling mudah adalah membagi warna pakaian ke dalam tiga bagian, yaitu jilbab, atasan, dan bawahan. Warna jilbab sebaiknya lebih muda dari warna atasan, sebaliknya warna bawahan harus jauh lebih tua atau lebih gelap dari atasan. Itulah cara paling mudah memadukan berbagai warna pakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *