Tampil Cantik Hemat Bujet Pas Wisuda? Coba Saja Peralatan Makeup Wisuda Natural Ini!

Model kebaya perpisahan berhijab sudah punya, lalu perlu apalagi ya untuk persiapan wisuda nanti? Aha! Kamu perlu menyiapkan makeup terbaik di hari spesialmu nanti. Momen wisuda pasti menjadi momen yang paling ditunggu oleh para pelajar dan mahasiswi yang telah menempuh proses belajar selama bertahun-tahun. Jadi, kamu harus mempersiapkan penampilan terbaik, mulai dari model kebaya perpisahan yang paling hits saat ini sampai make up yang paling menarik.

Untuk makeup, kamu bisa mencoba makeup wisuda natural yang sedang hits saat ini. Kamu bisa menggunakan MUA atau mencoba bermakeup sendiri lho di rumah! Makeup natural sebenarnya tidak terlalu sulit sehingga kamu bisa melakukannya sendiri dan tidak perlu repot menyewa MUA agar hemat bujet dan perlengkapan makeupnya bisa digunakan untuk acara-acara lainnya.

Nah, apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk makeup wisuda natural? Bagaimana cara penggunaannya? Simak di bawah ini ya!

  1. Toner dan pelembab wajah

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum bermakeup adalah membersihkan wajah dengan milk cleanser dan face toner. Untuk jenis pembersihnya, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi kulit kamu. Kemudian setelah itu, gunakan pelembab atau moisturizer. Kedua langkah ini adalah hal dasar sebelum bermakeup. Membersihkan wajah sangat penting agar tidak ada pori-pori yang tersumbat kotoran sehingga bisa menyebabkan komedo dan jerawat. Kemudian menggunakan pelembab atau moisturizer juga penting agar melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan melembabkan kulit agar hasil makeup nanti tidak pecah-pecah.

  1. Face Primer

Setelah membersihkan wajah dan mengoleskan pelembab, kemudian kita gunakan primer pada wajah. Face primer ini berfungsi untuk meratakan tone kulit dan membuat makeup lebih tahan lama di wajah. Cara menggunakan face primer yaitu oleskan di 5 titik di wajah lalu ratakan ke arah luar.

  1. Foundation

Foundation ini penting digunakan agar make up tahan lama dan menutupi wajah dari noda-noda hitam secara menyeluruh. Sebenarnya foundation ada dua jenis yakni foundation padat dan cair. Foundation yang padat sebenarnya berbentuk seperti compact powder dan sifatnya creamy sehingga sedikit padat saat dioleskan di wajah, namun mampu mengcover wajah lebih sempurna. Sementara foundation cair biasanya bertekstur lebih ringan dan lebih cocok untuk digunakan sehari-hari.

Untuk keperluan wisuda, sebaiknya kamu menggunakan foundation yang padat. Warna foundation saat ini sudah banyak tersedia dengan beragam warna yang disesuaikan dengan warna kulit. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan terlihat terlalu mencolok dengan foundation yang berwarna terang bagi kulitmu yang berwarna sawo matang. Cara mengaplikasikan foundation berbeda dengan primer dan pelembab. Kamu harus mengoleskan dan meratakan satu persatu di area wajah karena foundation sifatnya cepat mengering.

  1. Concealer

Sudah menggunakan foundation tapi bekas jerawat dan noda hitam di wajah masih terlihat, berarti kamu bisa menggunakan concealer untuk menutupinya. Tapi concealer ini tidak wajib digunakan jika kulitmu sudah mulus dan tidak memiliki noda hitam yang harus ditutupi. Concealer ada yang berbentuk cair dan padat. Biasanya untuk acara formal seperti wisuda, agar lebih menutupi sempurna, kita gunakan concealer yang padat.

  1. Eyebrow kit

Mata ternyata membutuhkan perlengkapan khusus agar terlihat menarik. Eyebrow kit ini terdiri dari berbagai perlengkapan seperti pensil alis, eyeliner, mascara, dan lain-lain. Untuk mempercantik mata, gunakan pensil alis dahulu untuk menebalkan alis. Kemudian sapukan eyebrow powder di kelopak mata. Kemudian gunakan mascara untuk melentikkan dan menebalkan bulu mata serta gunakan eyeliner untuk menegaskan garis mata dan mata terkesan lebih ‘hidup’.

  1. Eyeshadow

Kelopak mata perlu diberikan pemanis agar semakin cantik dengan menggunakan eyeshadow. Pilih eyeshadow yang memiliki shimmer karena warna gold biasanya cocok digunakan untuk beragam warna dan terkesan glamor. Biasanya warna eyeshadow disesuaikan dengan warna kebaya atau hijab yang digunakan supaya penampilan keseluruhan terlihat nyambung. Buat wisuda, pilih eyeshadow warna-warna cerah biar terkesan ringan dan natural.

  1. Loose Powder

Menggunakan bedak tabur juga penting lho saat bermakeup! Bedak tabur berguna untuk mengontrol minyak di wajah sehingga wajah tidak terlihat berminyak meskipun nanti mungkin berpanas-panasan saat acara wisuda. Pilihlah bedak tabur yang tidak berwarna atau berwarna natural ke wajah yang sudah dioleskan foundation, primer, dan pelembab. Cara pengaplikasiannya, oleskan bedak di puff lalu tepuk-tepuk di daerah yang sering berminyak.

  1. Contour Kit

Sebelum menggunakan blush on, sebaiknya gunakan juga contour yang berfungsi untuk membuat ilusi wajah, mempertegas kontur wajah, membuat hidung terlihat lebih mancung, dan membuat pipi terlihat lebih tirus. Contour Kit biasanya terdiri dari lowlighter yang warnanya lebih gelap dibanding tone kulit dan digunakan pada bagian yang ingin dibuat lebih dalam seperti bawah tulang pipi, garis rahang, sisi kiri dan kanan hidung. Dan highlighter yang warnanya lebih terang dibanding tone kulit yang berguna untuk menonjolkan bagian-bagian wajah seperti tulang pipi, tulang alis, dan dagu.

  1. Blush on

Dua tahapan makeup terakhir yaitu memakai blush on. Blush on berfungsi agar wajahmu terlihat berseri dan cantik. Blush on terdiri dari 3 jenis yakni blush on padat, blush on tabur, dan blush on creamy. Biar warnanya semakin cantik dan menyatu dengan seluruh penampilan, kamu harus memilih warna blush on yang sesuai dengan warna lipstick yang digunakan. Cara mengaplikasikan blush on yaitu menaburkan di apple of cheek lalu dibaurkan ke atas.

  1. Lip Decorative

Tahapan paling akhir untuk menghasilkan makeup natural yaitu menggunakan lipstick atau lipcream yang warnanya natural. Sebelum menggunakan lipstick, gunakan lip liner terlebih dahulu untuk membingkai dan membentuk bibir menjadi lebih tipis atau menjadi lebih penuh, Setelah itu barulah mewarnai area bibir dalam. Untuk keperluan datang ke acara wisuda, sebaiknya menggunakan lipstick yang matte agar tahan lama di bibir. Tapi sebelum menggunakan lipstick yang matte, sebaiknya gunakan lip balm terlebih dahulu agar bibir tidak pecah-pecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *