Tahu kah Kamu Bagaimana Sejarah Tentang Jam Tangan?

Tahu kah Kamu Bagaimana Sejarah Tentang Jam Tangan?

 

Terkadang sejarah untuk sebuah benda sempat diabaikan, seperti cerita sejarah tentang jam tangan. Semakin berkembanganya dunia fashion dan teknologi membuat citranya  pun juga semakin tinggi dengan mengeluarkan berbagai macam konsep atau desain baru jam yang diperuntukan untuk tangan ini Fitur-fitur jam ini dari masa ke masa pun semakin berkembang menjadi modern.

Jam tangan sendiri merupakan salah satu perkembangan dari jam saku yang dulu sudah ada. konsep jam tangan sendiri sudah ada sejak abad ke 15 sampai ke 16 dengan nama jam lengan. Beberapa orang beranggapan bahwa yang pertama kali menciptakan jam tangan ialah Abraham-Louis Breguet untuk Caroline Murat, saudari Napoleon dan ratu Napoli. Pada masa pembuatan jam tangan, pertama kalinya dipakai oleh wanita seperti gelang. Lalu, kemudian mulai semakin banyak jam tangan untuk pria yang membantu lebih praktis dalam beraktivitas. Seiring bertambahnya perkembangan jaman, jam tangan yang sebelumnya merupakan jam saku atau gelang perlahan mengalami perubahan.

Tahu kah Kamu Bagaimana Sejarah Tentang Jam Tangan?

Tepatnya di tahun 1957 jam tangan elektrik pertama diproduksi oleh Hamilton Watch Company, yakni sebuah produsen jam tangan asal Lancaster, Pennsylvania, AS. Kini dikenal dengan Swatch Group. Pada masa itu akurasi jam masih bergantung pada kumparan mekanismenya yang masih tradisional layaknya jam mekanikal pada umumnya, sehingga akurasinya tidak jauh berbeda dengan jam-jam yang beredar saat itu. Pada masa itu produksi jam elektrik mendapat respon yang positif. Karena masyarakat kini tidak perlu lagi memutar jam.

Kemudian di tahun 1961, Bulova melakukan percobaan mengembangkan teknologi jam tangan dengan menggunakan mekanisme getaran tuning untuk menjaga akurasi jam. hingga itu pembaruhan jam tangan oleh Bulova dikenalkan dengan lebih baik. Hal tersebut juga  berkaitan juga dengan proyek Bulova bersama dengan NASA sebagai penunjuk waktu di dalam kendaraan antariksa pada peluncuran Mercury serta Apollo yang mendaratkan manusia pertama di bulan. Accutron juga menyelesaikan masalah penghantar elektrik dengan diperkenalkannya transistor yang membuat jam bisa beroperasi lebih lama.

Awalnya,  nilai jual jam tangan quartz tidaklah mulus. Hal tersebut dipengaruhi oleh harga yang mahal, desain permukaan belakang jam yang cembung dan konsumen pun kuran tertarik, sehingga jam ini akhirnya ditarik  kembali dari pasar. Namun, pada tahun 1970, teknologi jam tangan quartz semakin unggul dan mengalahkan produsen Seiko. Di saat perkembangan teknologi tersebut, muncullah jam tangan digital.

Baca  http://trikfashion.com/

Munculnya jam digital memicu era jam tangan quartz revolution. Karena tak mau kalah produsen Swiss memunculkan produk Swatch serta naiknya popularitas jam mekanikal. Hingga saat ini jam tangan quartz tetap mendominasi populasi jam di pasar dagang.  Namun, untuk model jam tangan jenis mekanikal masih popular, terutama pada segmen-segmen eksklusif.

Nah, cukup membantu bukan informasinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *