Supaya Tidak Salah Pilih Batik Tulis Tiruan 4 Trik Berikut Perlu Dipraktekkan

Memiliki kecintaan akan batik tentu akan selalu memprioritaskan batik tulis yang memang diproduksi secara tradisional memakai metode manual. Dikatakan manual karena memang motif yang terbentuk di selembar kain yang tadinya polos dilakukan dengan tangan, sehingga sedikit demi sedikit sampai proses membatik selesai. Proses manual ini tentunya membutuhkan waktu yang lama sampai menyentuh garis finish ditambah ketelitian pengrajin saat membatik juga wajib dimiliki. Sehingga mampu menghasilkan motif yang berkesinambungan dari ujung kain ke ujung yang lainnya.

Trik Agar Selalu Mendapatkan Batik Asli

Batik yang diproses secara tradisional ini mendapatkan predikat sebagai juara dari semua jenis batik, sebab memiliki kualitas dan bentuk motif yang lebih baik. Statusnya sebagai batik terbaik membuat produsen nakal menyediakan produk imitasi, sehingga dibeli label ‘tulis’ namun sejatinya dikerjakan dengan mesin. Menghindarinya bisa mencoba beberapa trik berikut:

  • Kunjungi sentra kerajinan batik,

Memastikan memperoleh batik yang dikerjakan secara tradisional bukannya batik cap tentunya akan lebih mudah asal mengunjungi sentra batik. Beberapa kota dan daerah dikenal sebagai pusat berkembangnya kerajinan batik yang dilakukan oleh masyarakatnya, maka bisa dijadikan destinasi berbelanja batik berkualitas

  • Masuk ke toko batik terkemuka,

Beberapa daerah dan kota di tanah air dikenal sebagai destinasi terbaik untuk berburu batik berkualitas, baik dalam bentuk kain maupun sudah dijahit menjadi pakaian. Kalau berkeinginan untuk mendapatkan batik tulis asli bukannya batik cap maka bisa mengunjungi daerah dan kota tersebut. Lalu kunjungi toko batik terkemuka, sebab toko yang terkenal tentu menyediakan produk dengan kualitas bagus. Kain batik yang diproses dengan chanting ini dijamin juga tersedia dan bahkan menjadi bahan prioritas.

  • Mengincar batik dari merek terkenal,

Selain toko terkenal sepertinya memilih batik yang berasal dari merek terkenal pun menjadi solusi agar tidak tertipu memilih batik bukan tulis. Ada banyak sekali brand baju batik yang populer dan beberapa bahkan dikenal oleh masyarakat dunia. Kalau Anda memiliki budget lumayan maka jadikan merek terkenal ini sebagai pilihan prioritas sebab dijamin batik jenis tulis akan didapatkan. Mulailah untuk membaca banyak media informasi terkait batik supaya bisa mengetahui merek apa saja yang bisa diprioritaskan.

  • Temukan ciri khas pada motifnya,

Kalau merek terkenal dan berkunjung ke toko maupun daerah yang menjadi sentra kerajinan batik terasa sulit dan tidak mungkin. Maka tidak perlu cemas sebab bisa mengandalkan trik terakhir yakni mengamati motif pada kain batik itu sendiri. Mengapa motifnya? Sebab untuk batik jenis manual ini dikerjakan dengan tangan, meski motifnya sama namun dijamin ditemukan perbedaan entah dari ukuran maupun pola tertentu. Sehingga membedakan mana batik tulis dan mana yang tidak bisa dengan memeriksa tampilan motifnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *