Ragam Pilihan Model Batik Terbaru yang Sederhana untuk Acara Formal

Batik merupakan salah satu warisan budaya milik Indonesia. Batik dahulunya digunakan untuk menghadiri acara formal misalnya pernikahan ataupun rapat ataupun acara kantor dan digunakan oleh orang tua. Akan tetapi, warisan budaya ini saat ini juga banyak digunakan oleh anak muda. Dengan model batik terbaru serta warna batik yang lebih mencolok membuat anak muda saat ini tidak segan untuk menggunakan batik dengan di acara formal.

Pertama adalah jenis batik atasan dengan model flare di bagian bawah sehingga bagian bawahnya lebih besar. Di bagian atas tubuh, bisa dibuat dengan potongan bahu yang terbuka namun baju tersebut tetap memiliki lengan sehingga hanya bagian bahunya saja yang terbuka. Motif batik bisa disesuaikan dengan selera Anda. Misalnya Anda mengkombinasikan batik motif Jogja dengan kain warna putih sehingga bagian kiri adalah batik dan bagian kanan adalah kain putih polos.

Kedua adalah potongan jumpsuit. Model batik terbaru ini memungkinkan Anda untuk bisa mengenakan jumpsuit saat acara formal baik saat ke undangan pernikahan atau bahkan bisa Anda gunakan untuk ke kantor. Untuk mempercantik tampilan Anda dengan menggunakan jumpsuit batik, Anda bisa menambahkan ikat pinggang atau obi dengan warna yang senada dengan warna batik baju atau dengan warna yang netral atau tidak terlalu mencolok dan tabrak warna.

Baca Juga: Model Batik Terbaru untuk Berbagai Keperluan

Ketiga adalah menjadikan batik sebagai long vest. Batik saat ini juga banyak dijadikan sebagai outer. Dengan outer batik tersebut, Anda bisa menggabungkan baju dari kain batik dengan model baju yang lainnya misalnya digabungkan dengan jumpsuit atau dengan baju polos dan celana kain atau rok. Model outer bisa dibuat hingga sepanjang paha atau lutut bahkan ada yang panjangnya hingga sebatas betis dan dipadukan dengan bentuk leher yang tinggi. Anda bisa menambahkan kancing di bagian paling atas baju dan kantong di sisi kanan kiri long vest.

Keempat adalah model dress. Anda bisa menggunakan model batik terbaru dengan design pinguin dress dengan bagian belakang lebih panjang dibandingkan bagian depan. Dress ini bisa Anda gunakan untuk pergi ke pernikahan yang diadakan di ballroom sehingga terlihat lebih resmi dan sesuai. Agar dress tersebut tidak terlalu penuh dengan penggunaan batik yang memiliki motif yang umumnya menutupi seluruh kain, Anda bisa memadukannya dengan jenis kain polos. Walaupun banyak model baju batik terbaru akan tetapi jenis baju batik seperti kutubaru, hingga saat ini masih disukai. Baju batik tersebut bisa dikombinasikan dengan rok polos ataupun rok batik dengan motif yang tidak terlalu banyak, jika baju memiliki motif batik penuh, sehingga Anda tetap bisa tampil cantik ke acara formal yang Anda datangi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *