Perkaya Tampilan Unikmu dengan Rok Lilit Batik Berikut!

Kain batik sering dijadikan sebagai busana formal untuk pergi ke acara pesta pernikahan atau kegiatan formal lainnya. Lepas dari kesan kuno, dengan padu padan yang tepat kini kain batik akan memberikan kesan modis serta anggun bagi para pemakainya. Selain menjadi atasan, batik juga kerap digunakan sebagai bawahan busana formal. Salah satu jenis bawahan batik yang tengah digemari adalah kain lilit batik atau dapat disebut sebagai rok lilit batik.

Saat ini, melilitkan kain batik sebagai bawahan memang tengah menjadi tren. Berikut adalah beberapa ulasan tentang model kain lilit batik!

  1. Model lilit draperi

Saat ini melilitkan kain batik sebagai bawahan busana tengah menjadi tren. Selain karena pemakaiannya yang sangat praktis dan modis, kain lilit batik memiliki beragam cara dalam pemakaiannya. Model yang pertama adalah model lilit draperi. Jenis model ini akan memberikan efek bergelombang di bagian tubuh sehingga akan membuat penggunanya terlihat lebih ramping.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), draperiĀ  merupakan bahan yang dilipit secara dekoratif dan bergantung lepas sebagai hiasan. Model rok ini ternyata telah ada sejak lama yakni pada tahun 1600 sebelum masehi dan sampai kini masih digunakan pada negara-negara Asia seperti Myanmar, Kamboja, Indonesia, dan lain sebagainya.

Pada jenis model ini, kamu tidak perlu menggunakan ring atau aksesoris tambahan dalam pemakaiannya. Sebagai gantinya, sisa lilitan hasil pemakaian yang cukup panjang cukup ditarik hingga mengelilingi pinggang. Di tahap akhir, sematkan ujung kain bagian atas hasil lilitan kain ke bagian dalam lilitan sehingga kamu akan mendapatkan tampilan rok lilit batik yang rapi.

Lilit model ini juga dapat digunakan pada jenis kain batik yang pendek. Biasanya, lilit model ini disukai wanita yang menginginkan tampilan berkaki jenjang serta kemudahan dalam melangkah. Adapun cara pemakaiannya adalah sama dengan kain lilit biasa. Terakhir, padu padankan dengan kebaya atau kemeja polos untuk tampilan yang formal yang berkesan.

 

 

  1. Model lilit menyamping

Model kain lilit yang kedua adalah lilit menyamping. Model ini dapat digunakan apabila kamu tidak nyaman dengan model draperi yang membuat jarak langkah seseorang menjadi sempit.

Cara pemakaian model lilit ini adalah dengan mengikatkan ujung kain ke bagian samping pinggang, lalu sematkan sisa kain ke bagian belakang pinggang atau kamu juga dapat menyematkan sisa kain tersebut dengan mengitari bagian pinggang. Model kain lilit ini akan menghasilkan kerutan yang manis pada bagian depan tampilanmu.

  1. Lilit galembong

Cara terakhir dalam memakai kain lilit ini adalah lilit galembong. Model lilit yang berasal dari suku Madura ini dipakai dengan mengikat bagian ujung kain ke pinggang lalu geraikan bagian panjangnya ke bagian belakang tubuh melewati sela kaki. Lalu, tarik bagian ujung kain ke arah atas, kemudian ikat ujung kain tersebut pada pinggang dari awah belakang.

Model kain lilit galembong ini juga dapat menggunakan jenis kain batik yang pendek sehingga akan tetap memungkinkan kamu untuk menggunakan kain lilit meskipun tidak memiliki kain lilit batik panjang.

Demikianlah penjelasan tentang rok lilit batik beserta cara penggunaannya untuk tampilan formal busana yang dapat kamu praktekkan sendiri. Selain berbagai macam model di atas, kamu juga dapat menggunakan ring atau aksesoris lain untuk tampilan rok lilit batik yang lebih unik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *