Model Bawahan Apa yang Cocok untuk Atasan Kebaya Modern? Ini Jawabannya!

Model Bawahan Apa yang Cocok untuk Atasan Kebaya Modern? Ini Jawabannya!

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan dari masyarakat kita menjadikan kebaya sebagai salah satu pilihan saat menghadiri berbagai acara. Kebaya merupakan busana nasional yang berasal dari tanah Jawa. Pada zaman dahulu, jenis dan model kain kebaya merupakan penanda strata kelas sosial di masyarakat. Beberapa perempuan Belanda pun tidak ketinggalan menggunakan kain kebaya, meski kain yang mereka gunakan berbeda corak dan model dengan perempuan Indonesia pada masanya. Kaum bangsawan biasanya lebih memilih model bawahan kebaya jenis batik tulis yang dipadu dengan baju kebaya berbahan sutra, brokat, ataupun beludru. Sedangkan bagi mereka yang berada pada kelas sosial lebih rendah akan menggunakan kain batik serta kebaya yang buatan pabrik (cap).

Setelah Indonesia merdeka, barulah kain kebaya memiliki simbol lain, yaitu menjadi busana sebagai identitas kita serta warisan budaya tradisional yang turun temurun sehingga harus dilestarikan. Kebaya semakin dicintai semenjak diresmikan menjadi pakaian nasional pada tahun 1968. Sejak saat itu, kebaya menjadi pilihan utama untuk busana formal wanita Indonesia.

Berkembangnya industri fashion di Indonesia, juga membuat berbagai perubahan model pada kebaya. Kebaya yang dulunya hanya model itu itu saja, saat ini telah banyak dibuat atasan kebaya modern yang lebih cocok digunakan oleh perempuan milenial. Tidak jarang, tidak hanya atasan kebaya modern, tetapi mereka juga membuat inovasi model bawahan kebaya terbaru.

Penasaran apa saja model bawahan yang saat ini banyak digunakan? Berikut beberapa contohnya.

Rok Lilit

Jika sebelumnya kain bawahan kebaya menjadi sesuatu yang sangat sakral, karena hal ini terkait dengan motif dan jumlah wiru (wiron), maka saat ini kain bawahan kebaya tidak lebih menjadi salah satu item fashion saja. Saat ini banyak digemari model kain batik yang dililitkan saja ke tubuh kemudian diikat simpul pada salah satu sisi pinggir dari pinggang. Model kain batik yang seperti ini akan menimbulkan kesan drappery atau berlayer. Motifnya pun beragam mengikuti warna kain kebaya yang digunakan. Saat ini sedang ngetren warna warna pastel sebagai warna kain batik. Model kain lilit ini cocok digunakan untuk kebaya model bat wing atau kelelawar.


Celana Batik

Meski lazimnya kebaya dipadukan dengan rok, tetapi tidak ada pula yang melarang jika bawahan kebaya dipadukan dengan celana. Celana yang dipakai pun juga bermotif batik. Model kebaya dan bawahan kebaya yang seperti ini cocok bagi Anda yang ingin terlihat berbeda. Tidak hanya itu, model celana batik juga bisa dikenakan untuk acara yang semi formal. Pastikan bahwa warna batik tersebut matching dengan kebaya yang dipakai.


Rok Selutut

Pernah membayangkan akan memadukan kebaya dengan rok sependek lutut? Ya, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kebaya dengan rok batik selutut. Anda akan tetap terlihat menarik dan justru akan menampilkan kesan modern. Rok setinggi lutut ini bisa dimodel dengan bentuk apapun yang sesuai dengan keinginan Anda. Model padu padan seperti ini cocok dikenakan bagi Anda yang memiliki postur tubuh tinggi dan langsing sehingga akan membuat kaki tampak jenjang.


Rok Ball Gown

Tren menggunakan busana pernikahan ala putri raja dengan rok yang mengembang alias ball gown memang sedang musim. Nah, jika Anda ingin tetap menggunakan busana pernikahan dengan sentuhan Jawa, namun tetap ingin dengan rok yang mengembang, Anda mungkin bisa mencoba inovasi bawahan kebaya modern yang seperti ini. Kain batik tersebut dibuat mengembang dan dipadukan dengan atasan baju kebaya yang modern.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *