Model Baju Katun dengan Bahan Ternyaman yang Harus Kamu Ketahui!

Selain bahan katun jepang, bahan katun yang sangat digemari oleh para wanita adalah bahan katun rayon. Bahan katun rayon disebut juga sebagai cotton rayon blend fabric, merupakan jenis kain yang dibuat dari pencampuran dua buah serat kain yakni kapas atau katun dengan serat rayon.

Serat rayon sendiri merupakan jenis serat kain yang dibuat dari hasil regenerasi selulosa. Hal ini terjadi di mana serat rayon dibuat dari serat selulosa yang dimurnikan, yang berasal dari serat kayu yang kemudian diproses secara kimia menjadi senyawa larut. Kemudian senyawa tersebut dilarutkan dengan cara disemprotkan melalui alat spinneret sehingga dihasilkan filamen atau benang-benar serat rayon. Karena melibatkan proses alami dan proses kimia dalam pembuatannya, katun rayon kemudian disebut pula dengan serat semi sintetik.

Karena proses dan kain yang dihasilkan tersebut memiliki kualitas terbaik, tak heran kemudian bahan katun rayon dijuluki sebagai bahan ternyaman untuk membuat pakaian.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari bahan katun rayon untuk membuktikan pernyataan tersebut:

  1. Mudah diaplikasikan sebagai bahan pembuat busana apa saja

Keunggulan yang pertama dari jenis katun ini adalah bahan katun rayon dapat digunakan untuk membuat model baju katun apa saja. Hal ini dikarenakan sifat bahannya yang dingin dan lembut kemudian membuat jenis kain katun ini sangatlah mudah untuk diaplikasikan menjadi busana apa saja.

Adapun model baju katun yang berbahan dasar katun rayon ini sangatlah bermacam-macam. Beberapa diantaranya adalah kemeja, rok, celana, gamis, atasan, bawahan, dan blouse.

Katun rayon sebagai bahan pembuat blouse. (https://review.bukalapak.com/fashion/fashion-anti-bosan-begini-5-cara-jenahara-nasution-padu-padan-outfit-monokrom-nya-23539-18571 )

  1. Memiliki tekstur bahannya licin dan ringan

Keunggulan kedua yang dimiliki oleh bahan katun rayon adalah bahan ini memiliki tekstur yang licin dan ringan. Dengan adanya tekstur tersebut, hal ini kemudian menjadikan bahan katun rayon sangatlah nyaman saat digunakan oleh pemakainya.

  1. Mudah jatuh

Keunggulan berikutnya dari bahan katun rayon adalah karena bahan ini ringan, maka akan mudah jatuh pada saat dipakai oleh seseorang. Hal ini kemudian menjadikan pakaian yang dibuat dengan bahan katun rayon tersebut pas di badan seseorang, namun tidak akan menampilkan lekuk tubuh.

  1. Terasa dingin dan nyaman saat dipakai, serta mudah menyerap keringat

Karena terbuat dari serat sintetis kayu dan serat kapas alami, bahan katun rayon kemudian menjadi bahan yang sangat dingin dan nyaman saat dipakai. Selain itu, kandungan serat dengan kualitas baik yang ada pada jenis katun tersebut kemudian menjadikan bahan katun rayon dapat mudah dan dengan cepat menyerap keringat si pemakai yang tengah mengenakan busana tersebut.

  1. Bahannya lebih bercahaya dan berkilau

Dari segi tampilan luar, bahan katun rayon memiliki tampilan yang bercahaya dan berkilau apabila tersorot cahaya. Hal ini dihasilkan dari proses kimia pelarutan senyawa kayu yang terjadi pada proses pembuatan busana tersebut.

  1. Memiliki tekstur yang lebih lembut di kulit dibandingkan dengan tekstur kain katun biasa

Keungguluan berikutnya yang dimiliki oleh bahan katun rayon adalah bahan ini memiliki tekstur kain yang lebih lembut dibandingkan dengan tekstur kain katun lainnya. Hal ini dikarenakan adanya penambahan serat kain yang berasal dari hasil proses kimia senyawa kayu. Sehingga, tekstur yang lebih lembut tersebut dihasilkan bukan hanya dari serat kapas saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *