Model Baju Batik Jaman Sekarang yang Kekinian

Batik memang menjadi sebuah produk yang selalu diunggulkan karena begitu sarat akan nilai serta budaya. Agar semakin diminati, batik semakin lama juga semakin berkembang sesuai dengan alur jaman. Untuk pecinta batik, pastinya Anda tidak ingin ketinggalan untuk mengoleksi batik kekinian yang selalu up to date. Batik yang ada sekarang ini sudah bisa disesuaikan dengan trend jaman sekarang sehingga baju batik ini bisa Anda gunakan untuk berbagai macam acara.

Saat membuat baju batik, ada berbagai macam teknik yang bisa digunakan. Pertama, batik tulis. Teknik tulis ini adalah teknik yang paling lama pengerjaannya dan teknik yang pertama dikenal di negara kita untuk menghasilkan sebuah batik. kunci utama di dalam pembuatan batik menggunakan teknik ini adalah ketelitian dan kesabaran yang mengerjakannya. Inilah yang membuat batik memiliki nilai seni tinggi serta melambungkan harganya. Barang-barang klasik seperti kompor, lilin, canting harus disiapkan untuk membuat batik dengan jenis ini.

Kedua, batik cap. Teknik cap adalah teknik yang populer nomor dua, teknik ini juga populer digunakan di negara kita. Sudah pasti teknik ini lebih praktis dan efisien dari teknik tulis manual. Alat utamanya ialah stempel tembaga yang berukuran besar. Stempel ini telah menggunakan pola batik tertentu. Masih dengan mempergunakan cairan lilin, batik dengan jenis ini dikerjakan dengan cara mencap kain mori serta cairan wax dengan suhu 60 derajat.

Terakhir, batik printing. Bila ingin mengerjakan batik dengan cepat, teknik yang dipilih adalah printing. Teknik pengerjaan ini tergolong instant jika dibandingkan dengan 2 teknik yang sebelumnya. Teknik seperti printing ini hanya menggunakan sedikit waktu. Selain hanya karena satu sisi yang di warna, teknologi seperti mesin print membuat batik dengan jenis ini memiliki pola yang rumit.

Berikut berbagai macam motif baju batik yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • Motif parang. Motif ini menggunakan warna kuning pucat serta diselingi dengan gradasi cokelat. Model motif ini juga cukup beragam, mulai dari yang berukuran besar sampai kecil. Sebagai salah satu motif paling tua, kebanyakan parang digunakan saat di kantor,
  • Motif sogan kembang. Warna gelap yang akan mendominasi batik bermotif ini tidak membuatnya sepi peminat. Motifnya sangat terlihat elegan dan klasik. Motif dengan pola diagonal dan geometris ini semakin keren untuk berbagai macam suasana,
  • Daun anjani. Motif ini pas untuk pergi ke pesta karena terlihat elegan ketika digunakan. Motif daun anjani ini beberapa tahun ini sangat digandrungi,
  • Motif bunga. Jangan salah, motif seperti bunga ini juga selalu menjadi favorit bagi banyak orang. Bukan hanya di baju biasa, namun untuk batik juga demikian, ada berbagai macam motif bunga yang dapat dijadikan batik, kebanyakan bunga adalah bunga asem, kantil dan cengkeh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *