Mengenal Fashion Vintage

Mengenal Fashion Vintage

Perkembangan fashion memang luar biasa. Entah sudah berapa banyak tren atau gaya busana yang sudah pernah ada. Para desainer sendiri berlomba – lomba untuk mempunyai kreasi baru. Kreasi baru hanya pengembangan saja sifatnya. Dan biasanya trennya berulang, seperti misal tren fashion tahun 90an kembali hits tahun tertentu . Tapi memang pakemnya masim tetap itu – itu saja, seperti chic, gothic, bohemian dan lain sebagainya. Termasuk fashion vintage diantaranya. Gaya ini termasuk gaya klasik tapi tidak kelihatan kuno. Mengenal fashion vintage itu seperti flash back ke jaman oma opa anda dulu ketika muda. Bahkan mungkin lebih dari itu.

Mengenal  Fashion Vintage

Pada dasarnya fashion vintage adalah menggunakan kembali busana dan aksesoris lawas. Biasanya busana atau aksesoris minimal dari beberapa puluh tahun ke belakang. Ada sebagian pendapat mengatakan fashion vintage, busanannya berasal dari tahun 60an, 50an, 40an dan kesana lagi. Pasti anda sudah bisa membayangkan bentuknya seperti apa. Apalagi jika anda sering menonton film – film jadul atau mempunyai koleksi majalah – majalah lama.

Menganut fashion vintage memang tidak mudah. Tidak asal baju atau aksesoris jadul anda pakai. Justru  bagaimana agar dari busana lawas atau vintage ini anda tidak terlihat kuno atau kampungan. Jika dilakukan dengan benar, justru anda akan terlihat modis dan elegan. Aliran ini tidak berarti semua yang anda pakai harus yang lawas. Anda bisa mempadupadankan atau mix atau kombinasikan dengan pakaian modern. Disinilah tantangannya justru.

Baca Juga:Model Pakaian Terbaru : Ide Mix and Match Baju Vintage

Aliran ini menuntut kemampuan anda untuk jeli memilih dan mix atau mengkombinasikan. Tipsnya adalah hindari warna – warna yang terlalu mencolok. Dan kalaupun harus terpaksa dipakai, harus dipadukan dengan busana lainnya yang berwarna netral, lembut. Tips lainnya adalah jangan takut terlalu ramai memakai bermotif seperti bunga dan lain – lain. Ingat selalu kombinasikan dengan busana lainnya yang bisa menyeimbangkan. Misal bila memakai rok vintage bermotif bunga, maka seimbangkan dengan jaket berwarna polos atau kemeja berwarna polos. Hal – hal seperti inilah yang dituntut dari aliran ini.

Selain kemampuan memilih dan mengkombinasikan, ada hal lain yang perlu anda pertimbangankan. Karena pada dasarnya memakai busana vintage, artinya out of the box atau agak kurang umum, mungkin saja anda menjadi pusat perhatian, karena terlihat berbeda dan modis. Nah, disinilah dituntut kepercayaan diri anda. Dengan percaya diri, aura atau perbawan pakaian yang melekat pada diri anda keluar. Tanpa rasa percaya diri pakaian ini menjadi beban buat anda. Ini bencana, karena anda justru akan terlihat kikuk dan tidak fashionable.

Nah, begitulah gambaran dari fashion vintage. Mulailah membongkar koleksi oma dan opa anda. Dan tampilah dengan percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *