Mau Melamar? Yuk Simak Ragam Cincin Tunangan dan Harganya

Cincin merupakan salah satu material simbolik yang digunakan untuk penanda sebuah status. Misalnya saja status hubungan seseorang yang disebut dengan tunangan. Seseorang yang akan bertunangan atau mengikat hubungan sebelum menikah biasanya sibuk mencari model cincin tunangan yang pas dan merepresentasikan hubungan mereka.

 

Terkadang faktor kemewahan menjadi salah satu ukuran. Sebab, kemewahan dapat merepresentasikan sebuah ikatan yang tidak ternilai harganya. Akan tetapi, untuk beberapa orang terkadang kemewahan bukanlah faktor utama. Yang terpenting adalah cincin itu dapat mengandung makna simbolik dari hubungan keduanya.

Persoalan-persoalan seperti inilah yang seringkali membuat pemilihan cincin tunangan menjadi rumit. Di satu sisi, cincin tunangan diharuskan terlihat indah, dan di sisi lain, cincin tunangan tersebut harus bisa menyimpan sebuah makna yang tidak boleh terlupakan tentunya. Karena itulah, sepasang kekasih harus benar-benar bisa mempertimbangkan model, bahan, hingga harga dari sebuah cincin tunangan.

Sebagian besar masyarakat, khususnya Indonesia, tentunya masih sangat terpatok pada konvensi cincin tunangan yang merujuk pada cincin emas ataupun cincin emas putih. Emas memang dimaknai oleh sebagian besar masyarakat dunia sebagai logam mulia yang dapat menjadi simbol dari keberhargaan. Dengan memilih cincin emas ataupun cincin emas putih, nilai dari sebuah hubungan seringkali dipandang dapat terlihat bernilai. Layaknya emas yang merupakan logam mulia dan sangat berharga, sebuah hubungan akan terepresentasikan sebagai hubungan mulia dan sangat berharga.

Tentunya, konvensi ini terus-menerus dikukuhkan sebagai mitos melalui publikasi media yang menampilkan sosok-sosok publik figur dunia maupun nasional yang menunjukkan cincin emas atau cincin emas putih bertabur berlian yang harganya selangit sebagai tanda pertunangan ataupun pernikahan mereka. Katakanlah infotainment yang selalu menampilkan pertunangan dan pernikahan para artis yang mengekspos cincin bernilai selangit itu di depan layar kaca.

Belum lagi, jika harus melihat sinetron-sinetron maupun ftv di televisi dan film-film di bioskop. Tak jarang ketika terdapat adegan mengenai pertunangan dan pernikahan, cincin emas ataupun cincin emas putih bertabur berlian selalu diekspos sebagai tanda pengikat sebuah hubungan. Sedikitnya hal-hal tersebut akan terus membentuk pola pikir dan paradigma manusia, khususnya Indonesia, akan cincin pertunangan yang melulu berkaitan dengan emas.

Tidak ada yang salah dengan pemaknaan dan pemikiran tersebut pastinya. Kita berhak untuk selalu memaknai hubungan kita dan menanamkan simbol keterikatan pada barang berharga seperti emas dan emas putih, yang juga bertabur berlian. Oleh karena itu, dalam tulisan ini pula, kami akan sedikit membagikan beberapa model cincin emas atau cincin emas putih sebagai cincin tunangan dan harganya. Berikut beberapa daftar yang bisa kami kumpulkan.

  • Cincin tunangan Gazala Emas 18K dan Palladium satu pasang, Rp3.600.000,-
  • Cincin tunangan Anjeli Emas Putih dan Palladium satu pasang, Rp3.500.000,-
  • Cincin Tunangan Indali Palladium 50% satu biji Rp1.200.000,-
  • Cincin tunangan Tanushiri Palladium 5% sepasang Rp2.500.000,-
  • Cincin Tunangan Gauri Emas 75% dan Palladium 5% satu pasang Rp3.500.000,-
  • Cincin tunangan Tresme Emas Kuning 75% satu pasang 4.550.000,-
  • Cincin tunangan Mona Emas Kuning 75% satu pasang Rp4.600.000,-
  • Cincin tunangan Humairah Palladium dan Emas Putih satu pasang Rp3.500.000,-
  • Cincin tunangan Eleven Bahan Emas 18K Rp4.600.000,-

Dari daftar cincin tunangan dan harganya tersebut, kamu akan melihat betapa mahal dan berharganya sebuah cincin yang memang ditujukan untuk mengikat sebuah hubungan. Mungkin sebagian dari kalian akan segera mungkin menyiapkan diri dan menabung demi cincin tunangan idaman.

Mungkin juga sebagian dari kalian akan mengurungkan diri untuk mengejar cincin emas dan mengalihkannya pada alternatif lain yang juga tidak kalah berharga dari segi makna, seperti perak, dengan dalih yang berharga adalah maknanya bukan materinya. Ya, apapun pilihan kalian, yang terpenting adalah jangan pernah memilih tanpa memaknai!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *