Macam-Macam Model Peci Pria

Macam-Macam Model Peci Pria

Peci pria adalah salah satu jenis pakaian yang digunakan untuk menutup kepala yang sudah banyak digunakan diberbagai belahan dunia, penggunaannya juga digunakan untuk acara perkawinan ataupun untuk perang pada zaman dahulu. Penutup kepala ini identic dengan agama terutama agama islam

Macam-Macam Model Peci Pria

Alat penutup ini setiap daerah memiliki makna yang berbeda-beda sering popular dengan nama kopiah atau songkok.Pada masa belanda Peci pria disebut dengan petje yaitu pet yang berimbuan je. Kemudian ada juga kata kopiah yang berasal dari Bahasa arab, makna tersebut berasal dari kaffiyeh atau kufiya. Kemudian untuk kata songkok berasal dari kata skull cap atau batok kepala topi.

Di Indonesia ini sudah tidak asing lagi dengan pengikat kepala ini sering dijumpai pada saat beribadah seorang laki-laki menggunakan pengikat kepala ini juga dilengkapi dengan sarung. Dan biasannya untuk wanita muslim cukup menggunakan mukenah saja.

Memang banyak sekali yang menggunakan penutup kepala ini bahkan Negara-negara lain pun menggunakan dan mempunyai simbolis tertentu, tetapi kebanyakan juga menggunakan untuk keagamaan.

Makin penasaran bukan dengan artikel salah satu ini? pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang macam-macam model Peci pria yang banyak sekali dan perlu kalian ketahui ada banyak dan bervariasi:                                        

Sangkok/kopiah

Sangkok atau kopiah ini berasal dari melayu selain sebagai pengikat kepala yang terkenal dimelayu pada zaman dahulu sangkok ini juga digunakan untuk melawan penjajahan. Ir Soekarno pada saat itu juga menggunakan sangkok ini sebagai simbol pergerakan dan perlawanan terhadap penjajahan. Pahlawan-pahlawan lain pun masih banyak yang menggunakan pada zaman penjajahan dulu.

Fez/Tarbush
Peci pria ini berasal dari Turki, topi fez ini berasal dari kata fezzi atau phecy, topi fez ini berasal dari Budaya Yunani Kuno kemudian diteruskan oleh Yunani Byzantium, penggunaan topi fez ini pada pemerintahan Sultan Mahmud Khan II (1808-1839). Topi fez atau Tarbush ini ternyata tidah hanya umat Muslim yang munggunakan di Turki agama lain pun ikut menggunakannya

Karakul

Karakul merupakan sebuah penutup kepala atau sebuah topi yang bahan dasarnya terbuat dari rambut domba Qaraqul memang karakul ini mirip dengan sangkok jika melihat secara sekilas, orang awan pun bisa jadi terbalik mana yang karakul dan juga mana yang sangkok. Namun untuk membedakannya topi qaraqul ini biasannya dikenakan oleh pria di Asia Tengah dan Asia Selatan. Karakul ini sudah menjadi ciri khas pengikat kepala untuk pria sejak permulaan abad ke-20

Peci pria Pakol ini digunakan dan sudah menjadi ciri khas oleh Afghanistan dan Pakistan khususnya bagi para mujahidin. Pakol ini berasal dari wol dan biasannya berwarna coklat,hitam,abu-abu atau gading.Pakol ini mendapatkan perhatikan sejak tahun 1980-an yang terkenal dan digunakan oleh orang muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *