Kelebihan Menggunakan Hijab Syar’i Bagi Para Muslimah

Para wanita Indonesia saat ini sudah banyak yang mengubah gaya berbusana mereka dengan tampilan yang lebih syar’i sesuai dengan ajaran agama Islam. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh perintah agama untuk menutup aurat bagi para wanita. Dengan menggunakan Hijab syar’i bukan hanya aurat di bagian atas seperti kepala dan rambut saja yang akan tertutupi namun juga aurat hingga ke bagian bawah. Apalagi sekarang ini banyak designer yang mulai membuat pola berbeda untuk hijab yang panjang sehingga memungkinkan mereka penggunanya untuk tampil lebih modis serta modern.

Bagi para muslimah, yang dahulu hanya menggunakan kerudung saja dengan baju dan celana panjang, kini sudah mulai banyak yang beralih ke busana syar’i. Ada banyak kelebihan yang diberikan untuk para wanita dengan menggunakan jenis busana ini yaitu:

  • Menutup aurat dari atas hingga bawah.
  • Tampil lebih sopan dan rapi namun tetap elegan.
  • Menambah keanggunan seorang wanita.
  • Lebih dihormati dan mencegah pandangan buruk.
  • Tampil lebih feminim dan sesuai dengan kodrat wanita yang lembut.

Meski dahulu busana muslim sangat identik dengan kesan kuno dan tradisional apalagi mereka yang menggunakan busana serba panjang, kini dengan adanya trend busana muslim, para designer mencoba mendobrak paradigma tersebut. Hijab syar’i dibuat dengan warna-warna yang cerah dan dengan motif atau pola busana yang juga modis. Dengan begitu meski Anda berbusana serba panjang, Anda akan tetap tampil sesuai dengan usia, trend dan kegiatan yang akan diikuti. Bagi Anda yang menggunakan alat transportasi umum, pemakaian busana ini juga bisa menghindarkan Anda dari tindak kriminal karena menutupi semua aurat yang diwajibkan untuk ditutupi.

Selain kelebihan tersebut di atas, menggunakan hijab pastinya merupakan bentuk ketaatan akan perintah agama. Bagi sebagian wanita yang masih beranggapan bahwa berjilbab saja sudah cukup, perlu melakukan renovasi cara berbusana karena dengan hanya berhijab maka hanya aurat bagian rambut dan kepala saja yang tertutup. Sedangkan untuk aurat dalam bentuk lekuk tubuh dan bagian bawah belum tentu tertutupi. Karena itulah hijab model syar’i yang menjuntai hingga ke bagian perut perlu disosialisasikan terutama oleh mereka para designer muda yang telah berpengaruh.

Trend penggunaan hijab syar’i perlu terus digalakkan dan disosialisasikan bukan hanya bagi para wanita dewasa. Bagi para remaja umumnya sudah harus mengenal hijab panjang menjuntai ini untuk melindungi dirinya terutama dari gangguan pandangan lawan jenis. Pengenalan bisa dilakukan dari sekolah dengan menggunakan seragam dengan bentuk yang syar’i. Jangan hanya menggunakan hijab di bagian atas namun untuk bawahannya masih tetap ketat bahkan lebih ketat dari mereka yang tidak menggunakan hijab.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *