Inilah Hal Penting yang Wajib Diketahui Mengenai Batik Tulis Indonesia

Batik merupakan salah satu warisan budaya nenek moyang Indonesia yang wajib untuk dilestarikan oleh generasi muda. Seiring perkembangan jaman semakin banyak jenis batik yang dapat diproduksi, salah satu jenis batik yang sampai sekarang eksis dan juga masih kental dengan ciri khas dalam pembuatannya yaitu batik tulis Indonesia. Kesenian batik sendiri sudah ada sejak jaman kerajaan, dahulunya kain batik hanya digunakan oleh masyarakat bangsawan. Ciri pada corak atau motifnya selalu mempunyai filosofi tersebut dipercaya dapat memberikan kebaikan pada pemakainya.

Proses pembuatan setiap batik ternyata tidak semudah yang dibayangkan, makanya harga yang ditawarkan untuk satu pakaian dari batik asli tulis dibandrol dengan harga ratusan ribu lebih. Proses pembuatan yang panjang, butuh ketelitian dan juga membutuhkan waktu yang lama. Jadi tentu bangga sebagai seseorang yang mampu mengenakan baju dari kain para raja tersebut. Berikut ini beberapa keunggulan dalam pemakaian batik asli atau tulis antara lain:

  1. Berbeda dengan jenis batik lainnya, karena proses pembuatan yang langsung secara manual membuat pemakai lebih terlihat elegan. Karena menggunakan produk eksklusif yang dibuat dengan proses yang panjang.
  2. Keunggulan kedua yaitu mempunyai motif yang berbeda, maksudnya begini walaupun mempunyai corak sama tetapi hasilnya tetap berbeda. Karena proses pembuatannya langsung menggunakan tangan satu-persatu jadi kemungkinan sama persis itu jarang terjadi.
  3. Tampilan kedua sisi baju tetap cantik, karena batik tulis memang mempunyai karakter yang motif atau coraknya tembus pada kain, jadi secara tidak langsung depan belakang tampak sama motifnya.
  4. Teknik pewarnaan dalam prosesnya yang berulang-ulang menjadikan batik akan lebih awet. Namun tetap perawatan ataupun pencucian harus sesuai dengan aturan.
  5. Proses yang terkesan rumit saat pengerjaannya menjadikan batik tersebut mempunyai nilai seni yang tinggi. Dengan berbagai peralatan seperti canting, bahan baku malam, wajan, kompor atau lain sebagainya yang dibutuhkan.
  6. Motifnya selalu mempunyai artian filosofi yang tinggi, jadi pemakai merasa mendapatkan doa dari motif yang dikenakan tersebut.

Mempunyai batik yang proses pembuatannya sangat rumit tentunya percuma kalau tidak dilakukan perawatan dengan baik. Karena awet atau tidaknya warna dari batik tersebut tergantung dari penggunaan, perawatan dan yang paling utama pencucian. Berikut ini tips mencuci baju batik antara lain:

  1. Jangan mencuci menggunakan mesin cuci karena serat warna yang ada pada kain akan rusak.
  2. Karena batik untuk detergen ada yang khusus sendiri, jadi jangan pernah menggunakan yang sembarangan supaya warna tetap awet.
  3. Selanjutnya jangan pernah memeras kain batik tulis dengan tenaga yang ekstra karena hal tersebut juga akan membuat batik cepat rusak.
  4. Setelah mencuci dilarang untuk menjemur pada bawah sinar matahari secara langsung karena akan merusak tekstur atau warna batik.
  5. Pada saat menyetrika juga tidak boleh langsung, harus diberi lapisan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *