Ini Dia Perkembangan Makeup dari Masa Mesir Kuno Hingga 1950-an

Kala keluar rumah, terdapat 1 hal yang biasanya tidak boleh dilupakan oleh wanita yaitu makeup atau riasan. Sebagian wanita bisa tampil percaya diri tanpa harus menggunakan riasan namun tidak sedikit yang enggan keluar rumah tanpa riasan karena kurang percaya diri. Dari masa ke masa, riasan mengalami perubahan. Di era Mesir Kuno, seperti yang digunakan Cleopatra menggunakan riasan mata seperti menggunakan eyeliner yang bertujuan untuk mengurangi silau, mencegah resiko infeksi mata serta membuat agar mata terlihat lebih cantik.

Di jaman Yunani kuno, riasan dipergunakan oleh wanita kelas atas dan menjadi penunjuk status sosial seseorang. Kala itu, riasan yang digunakan terlihat lebih natural dengan penggunaan beda yang tipis dan pewarna bibir yang alami. Untuk mempertebal alis, alat rias yang digunakan dalah bara dan bentuk alis yang dibuat cenderung menyambung. Ketiga adalah saat abad pertengahan. Di abad pertengahan, masyarakat mendefinisikan cantik adalah memiliki warna kulit pucat bahkan untuk bagian kelopak mata dan alis. Sehingga, riasan yang dipoleskan ke wajah juga harus membuat wajah menjadi putih.

Keempat adalah di era tahun 1909-1919. Di tahun 1900, disebut sebagai tahun Edwardian makeup era dimana kala itu perempuan bosan dengan kulit wajah pucat dan akhirnya mereka sering berjemur dengan tujuan mendapatkan kulit yang gelap. Kala itu salon besar sudah ada di kota besar namun penjualan alat rias hanya bisa dilakukan secara sembunyi-sembunyi sebab kala itu riasan hanya digunakan untuk wanita ‘nakal’ atau untuk di atas panggung. Di tahun ini pula ada bedak padat di tisu yang bisa langsung digunakan lalu muncul perona pipi dan bibir. Di tahun 1914, maskara pertama kali dibuat dan 1915 Maurice Levy menemukan ide tube lipstik dari metal.

Kelima di era tahun 1920 dimana kala itu riasan menjadi kekuatan penting setelah PD I. Riasan dianggap mampu meningkatkan kepercayaan diri wanita dan melupakan trauma perang. Di tahun ini, para wanita mulai bereksperimen mengenai riasan seperti mata kohi eyeshadow, alis yang dicukur atau dicabut dan menggaris alis ke bawah, bibir tipis, cupid bow serta pipi rouge.

Perkembangan makeup di era setelah tahun 1920an yaitu:

  • 1930 dimana wanita mulai menggunakan riasan yang lebih halus, riasan mata yang mengikuti bola mata, alis cukur dan digambar dengan pensil alis, bibir penuh dengan warna merah dan maroon dan maskara mulai digunakan di bagian bawah bulu mata.
  • 1940 memiliki riasan yang glamor dan mulai menata rambut. Era tahun ini, lipstik merah menjadi tren dan alis digambar lebih tebal dan ke atas.
  • 1950an mulai muncul liquid foundation untuk tampilan tanpa noda dan alis mata terkesan natural dan feminim. Sedangkan lipstik dan blush on mulai muncul dengan palet warna pink.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *