Hati-hati, Gaya Rambut Dikucir Kencang Bisa Membuatnya Rontok

Hati-hati, Gaya Rambut Dikucir Kencang Bisa Membuatnya Rontok

Gaya rambut dikucir sekarang sudah menjadi trend dan kebiasaan mereka yang memiliki rambut panjang. Namun, kucir rambut yang kencang dapat mengakibatkan kerontokan atau alopecia traksi. Kerontokan rambut ini disebabkan penarikan berulang, sering dan dalam waktu yang lama. Biasanya, hal ini dikarenakan Anda sering mengikat rambut menggunakan kucir.

Hati-hati, Gaya Rambut Dikucir Kencang Bisa Membuatnya Rontok

Tarikan yang terlalu kuat dan berulang bisa merusak folikel rambut. Sebenarnya, bukan hanya kerontokan gaya rambut ini. Kerusakan lain yang mengintai seperti gatal, kemerahan, nyeri, garis rambut yang berada di sekitar dahi terlihat lebih mundur, rambut menjadi lebih tipis dan patah di bagian yang diberikan tekanan, hingga jerawat kecil yang berada di kulit kepala. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, manusia dapat kehilangan 50 sampai 100 helai rambut setiap hari. Rambut rontok ini akan digantikan dengan rambut baru. Walaupun kerontokan dapat tumbuh kembali, namun jika dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan masalah yang cukup serius seperti rambut tak tumbuh kembali dan akhirnya menyebabkan kebotakan.

Penyebab kerontokan rambut

Ada beberapa penyebab kerontokan rambut secara umum, seperti:

  • Menggunakan gaya rambut seperti dikepang kencang, dikucir ketat dan berbagai gaya ┬álain,
  • Menyambung rambut. penyambungan rambut dapat menyebabkan kerontokan karena rambut di ikat erat dengan rambut palsu di pangkal,
  • Menggunakan aksesoris rambut secara berlebihan,
  • Sering menggunakan helm,
  • Menggunakan krim dan gel rambut, hingga sering menggunakan catokan disertai bahan kimia. Kebiasaan ini akan membuat rambut menjadi rapuh.

Tips mengatasi kerontokan rambut akibat dikucir

Jika Anda telanjur mengalami kerontokan rambut karena dikucir terlalu kencang, Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter kulit. Dokter biasanya akan memeriksa kulit kepala serta mengambil sampel untuk mencari kemungkinan penyebab kerontokan yang lain. Perawatan yang sering disarankan oleh dokter adalah pengubahan gaya rambut. Hindari menggunakan gaya rambut yang dikucir terlalu kencang. Selain itu bila rambut terlalu panjang, dokter akan meminta untuk memotongnya.

Selain saran, dokter juga akan meresepkan sejumlah obat yang sesuai dengan kondisi Anda saat itu seperti antibiotik, steroid oles, rogaine yang digunakan untuk menumbuhkan kembali rambut, dan suplemen untuk memperkuat rambut. Bila Anda mengalami kebotakan yang parah dan bersifat permanen, biasanya dokter akan menawarkan transplantasi rambut.

Pencegahan kerontokan rambut

Lebih baik mencegah dibanding dengan mengobati. Hal ini juga dapat Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti menggunakan gaya rambut digerai, jika ingin mengucir rambut, hindari mengucir dengan ikatan yang terlalu ketat. Jika sering menggunakan karet gelang untuk mengucir rambut, lebih baik dihindari mulai dari sekarang, Anda bisa menggunakan kucir yang terbuat dari kain jika ingin mengikat rambut. Terakhir, rutin mengubah gaya pada rambut, sehingga rambut tidak tegang di salah satu area kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *