Tak Ingin Mengalami Kerusakan Rambut? Begini Cara Merawat Rambut Pria yang Benar!

Di dalam masyarakat, penampilan seseorang salah satunya adalah dinilai dari gaya rambut yang digunakan. Terutama bagi wanita, banyak yang rela mengeluarkan biaya berlebih agar memiliki tampilan rambut yang sehat dan indah. Hal itu menyebabkan banyak orang yang berpikir bahwa urusan rambut adalah urusan tentang penampilan. Hal itu berbeda dengan kaum lelaki. Bagi pria, urusan rambut tak jarang lebih dari sekadar gaya semata. Terutama bagi pria dengan model rambut panjang. Kaum pria ini ternyata memiliki pandangan yang lebih filosofis di dalamnya.

Selain rambut panjang, Anda juga dapat klik di sini untuk melihat tren gaya rambut terkini.

Rambut adalah suatu cara untuk menginterpretasikan karakter seseorang. Tak jarang, keseharian laki-laki juga tergambar dari gaya rambut yang digunakannya. Contohnya adalah apabila Anda melihat laki-laki dengan rambut pendek yang rapi, maka Anda akan dengan mudah menyimpulkan bahwa laki-laki tersebut adalah karyawan atau pekerja harian yang senang berada di bawah aturan perusahaan terkait.

Sedangkan apabila Anda melihat seorang laki-laki memiliki rambut panjang, maka Anda akan dengan mudah menyimpulkan bahwa laki-laki tersebut merupakan seorang pribadi yang apa adanya, berjiwa bebas serta menyenangkan, memiliki karakter yang unik serta suka berpetualang,

Bagi Anda yang lebih menyukai gaya rambut panjang, Anda mencoba beberapa model rambut seperti man bun (atau gaya mengikat rambut keseluruhan dengan cepolan atas pada kepala), Gaya up-half atau ikat setengah rambut Anda, gaya panjang bergelombang untuk rambut bergelombang, panjang terurai dengan model potongan segi, gaya undercut samping (dilakukan dengan cara mencukur habis rambut di salah satu sisi dan membiarkan rambut panjang di sisi lain), atau gaya anime Jepang di mana Anda akan menggunakan poni bertekstur pada gaya rambut ini.

Selain memilih gaya rambut, hal yang harus anda perhatikan adalah bagaimana cara merawat rambut. Hal ini dikarenakan cara merawat rambut pria tentu sangatlah berbeda dengan wanita serta membutuhkan perhatian khusus. Adapun cara merawat rambut Anda adalah sebagai berikut:

 

  1. Jangan malas keramas

Pria identik dengan kurangnya perhatian terutama dalam perawatan rambut. Padahal apabila Anda tidak melakukan perawatan rambut dengan benar, rambut Anda akan mudah rusak hingga akan merusak penampilan. Hal yang paling mendasar dalam rangkaian cara merawat rambut pria adalah keramas. Apabila Anda memiliki rambut yang pendek, Anda disarankan keramas 3 hari sekali, namun apabila rambut anda panjang, Anda dianjurkan keramas sebanyak dua hari sekali. Hal ini ditujukan untuk menjaga kebersihan rambut. Anda juga dapat menggunakan kondisioner atau toner sebagai tambahan dalam perawatan rambut Anda.

  1. Tidak menggosok dengan handuk saat mengeringkan rambut

Kebanyakan pria menggosok kulit kepala dengan handuk untuk mengeringkannya, padahal itu adalah hal yang salah. Menggosok kulit kepala Anda selepas keramas hanya akan memicu kerontokan dan bercabangnya rambut. Anda cukup menepuk-nepuk atau membelai dengan halus rambut Anda yang basah, lalu biarkan kering secara alami.

  1. Jangan keseringan mengikat rambut

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, Anda biasanya akan mengikat rambut agar tidak berantakan saat sedang beraktivitas. Kebiasaan mengikat rambut yang terlalu sering telah banyak terbukti menyebabkan kerontokan rambut yang berkala. Kebiasaan ini juga kadang diikuti dengan pemilihan bahan ikat rambut tidak elastis sehingga menimbulkan kesan ketat pada rambut Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *