Cara Menurunkan Berat Badan dengan Sederhana Tanpa Tersiksa

 

 

Memiliki berat badan yang ideal merupakan keinginan bagi sebagian besar orang terutama orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas karena obesitas dapat memicu datangnya penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung. Untuk mendapatkan berat badan ideal, banyak cara yang dapat dipergunakan mulai dari cara yang sederhana hingga cara ekstrim. Namun, agar tidak berdampak buruk pada tubuh, Anda dapat menggunakan cara menurunkan berat badan yang dapat Anda lakukan setiap hari tanpa harus membuat tubuh Anda tersiksa.

 

Cara untuk menurunkan berat badan ini hanya dapat berlaku jika Anda ingin menurunkan berat badan Anda secara konstan dan bukan karena dikejar target misalnya berat harus turun kurang lebih 7 kg dalam sebulan. Jika Anda menurunkan berat badan karena target, mau tidak mau Anda harus melakukan diet ketat namun bukan diet ekstrim yang akan merusak tubuh Anda dan membuat tubuh Anda menjadi sakit.

 

Cara menurunkan berat badan dengan sederhana ini dapat Anda mulai dengan mendapatkan istirahat secara teratur. Dengan istirahat yang teratur akan membantu organ bagian dalam tubuh Anda seperti pencernaan, jantung, hati, ginjal dapat bekerja secara optimal. Jika organ inti Anda bekerja maksimal maka penyerapan gizi dari makanan yang Anda konsumsi juga akan berjalan maksimal. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kandungan air dalam tubuh. Kadar air yang cukup dalam tubuh dapat membantu proses pencernaan Anda sehingga Anda dapat menurunkan berat badan secara konstan.

 

Kedua adalah kurangi dan hindari makanan dengan kalori yang tinggi dan makanan instant seperti junk food. Makanan berkalori tinggi seperti gorengan yang mengandung lemak jenuh, tidak hanya dapat mengganggu program penurunan berat badan Anda namun juga dapat meningkatkan resiko kolesterol. Dengan pengurangan pengonsumsian junk food, Anda dapat mengurangi penyerapan kandungan makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh seperti lemak jenuh.

 

Cara menurunkan berat badan dengan cara sederhana yang lainnya yaitu:

 

  • Memperbanyak konsumsi protein dan serat seperti yang ada di sayuran dan buah. Beberapa sayuran yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan karena dapat membakar lemak yaitu paprika dan bawang bombay.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula
  • Kurangi mengemil snack dengan kalori dan garam yang tinggi.
  • Mengurangi porsi makan. Misalnya jika biasanya Anda ketika makan mempunyai porsi sepiring penuh, Anda dapat menguranginya menjadi ¾ dan kemudian dikurangi secara bertahap sehingga tubuh dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru Anda. Cara ini dapat membantu Anda untuk tetap menjaga berat badan Anda.
  • Mengurangi porsi karbohidrat dan sesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan agar tidak menyiksa tubuh.
  • Berolahraga secara teratur misalnya dengan melakukan lari atau jogging, bersepeda atau dengan melakukan kegiatan seperti fitness.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *