Cara Ampuh Membersihkan Sepatu Kulit

Jangan Memakai Sepatu Tanpa Kaos Kaki! ~ DEAHANIFA AS

Sepatu adalah kebutuhan utama untuk melindungi kaki. Alas kaki yang menjadi favorit semua orang ini hadir dengan berbagai bentuk dan jenis sehingga tidak hanya memenuhi kebutuhan untuk melindungi kaki, tetapi juga menjadi aksesoris yang mempercantik penampilan. Kamu suka mengoleksi berbagai jenis sepatu? Salah satu sepatu yang sering jadi pilihan untuk dikoleksi adalah sepatu berbahan kulit. Sepatu berbahan kulit biasanya berbentuk sepatu boots. Sepatu boots merupakan sepatu yang disukai semua kalangan, wanita, laki-laki, anak-anak, ataupun orang dewasa. Sepatu boots memiliki bentuk yang menarik. Sepatu boots berbentuk casual dan memiliki sisi yang bisa menutupi mata kaki. Bahan sepatu boots biasanya terbuat dari kulit sapi, kulit kambing, dan lain-lain. Baik sepatu boots wanita maupun laki-laki sama-sama memerlukan perawatan yang khusus. Perawatan membersihkan sepatu kulit tidak sama dengan sepatu berbahan lain seperti canvas, karet, dan lain sebagainya.

Sepatu kulit dapat menambah penampilan kamu terlihat maksimal dan keren. Sepatu yang berbahan kulit membutuhkan perawatan khusus. Perawatan yang salah dapat merusak bahan kulit pada sepatu. Bahkan dapat menimbulkan jamur dan noda yang sulit dihilangkan. Tentunya, kamu ingin sepatu kulitmu terlihat selalu bersih, bukan? Oleh karena itu, kami memberikan beberapa cara ampuh untuk membersihkan sepatu kulit  berikut ini.

 

  1. Membersihkan Sepatu dari Debu dan Kotoran

Langkah pertama adalah membersihkan noda kering berupa debu pada sepatu. Kamu bisa menggunakan sikat sepatu lalu sikatlah sepatu kamu dengan lembut dan perlahan. Saat menyikat, disarankan tidak terlalu kasar karena dapat merusak tekstur kulit sepatu. Selain sikat sepatu, kamu juga bisa menggunakan kain lap kering berbahan halus. Lalu gosokkan perlahan hingga debu dan kotoran kering hilang dari permukaan kulit sepatu.

  1. Bersihkan Sepatu Menggunakan Sedikit Sabun

Langkah kedua adalah lap sepatu kamu dengan kain basah yang telah dicelupkan ke dalam campuran air dan sedikit sabun. Jangan membasahi sepatu dan membersihkan dengan sabun yang banyak karena dapat merusak tekstur kulit sepatu. Selain sabun biasa, kamu juga bisa menggunakan kondisioner sebagai cairan untuk membersihkan kulit sepatu. Kondisioner disebutkan bisa menjaga kelenturan kulit sepatu. Gosokkan kain tersebut ke sepatu kulit kamu secara lembut. Hindari kain dalam keadaan terlalu basah. Dalam langkah ini, kita memastikan noda pada kulit dapat dibersihkan tanpa harus membasahi dan merusak permukaan kulit sepatu. Lalu diamkan selama dua puluh menit.

  1. Bersihkan Sepatu dengan Kain Basah

Setelah didiamkan selama dua  puluh menit, kamu dapat membersihkan sabun di permukaan kulit sepatu tersebut dengan menggunakan kain basah. Gosokkan secara perlahan. Pastikan sabun yang tersisa di sepatu telah bersih terbilas dengan kain basah tersebut.

  1. Semir Sepatu Kulit

Setelah selesai membersihkan dengan kain lap basah, semirlah sepatu kulitmu. Oleskan semir pilihan kamu untuk membuat warna kulit sepatu semakin berkilau dan terlihat bersih. Oleskanlah dengan lap atau sikat lembut khusus semir sepatu. Aplikasikan secara memutar pada permukaan kulit sepatu. Diamkan sepatu selama lima belas menit.

Inilah Cara Membersihkan Sepatu Kulit dengan Benar

  1. Bersihkan Sepatu dengan Lap Kering

Langkah terakhir setelah tahapan menyemir sepatu adalah membersihkan kembali sepatu dengan kain lap kering. Gosok secara lembut dan cepat. Langkah terakhir ini dilakukan untuk memastikan sisa kotoran kering terangkan dari permukaan sepatu kulit. Setelah langkah ini, sepatu kulit siap dipakai atau disimpan kembali.

Untuk rekomendasi sepatu lainnya, Baca di sini.

Nah, itu tadi langkah-langkah  membersihkan sepatu kulit. Mudah bukan? Lakukanlah perawatan ini secara rutin agar kebersihan dan keawetan sepatu kulitmu tetap terjaga. Jangan lupa untuk cek kebersihan sepatu kamu setiap minggunya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *