Berbagai Serba-serbi Batik yang Harus Anda Ketahui

Berbagai Serba-serbi Batik yang Harus Anda Ketahui

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beragam suku dan budaya. Ragam tradisi di Indonesia juga cukup banyak. Sebagai warga negara yang baik, kita diharuskan melestarikan dan mempertahankan ciri khas bangsa. Salah satu produk asli bangsa sendiri adalah kain batik. Motif dan warna yang dimiliki batik menunjukkan ciri khas yang unik dan berbeda dari negara-negara lain. Salah satu upaya yang bisa dilakukan sebagai warga negara yang baik adalah cinta dan bangga akan karya anak bangsa yaitu dengan mengenakan baju batik.

Berbagai Serba-serbi Batik yang Harus Anda Ketahui

Sejarah Nama Batik

Nama Batik sebagai salah satu wujud tradisi bangsa sebenarnya berasal dari kata “tik”. Tik sendiri merupakan bagian dari proses pembuatan batik yaitu dengan menitik-nitikkan lilin tradisional atau perintang malam di atas kain mori. Masyarakat kemudian menyebut kegiatan ini sebagai kegiatan “mbatik” atau membatik. Dahulunya, kain batik juga dikenal sebagai alat transaksi pengganti uang yang sering digunakan oleh masyarakat.

Batik dan Status yang Dimiliki Pemakainya

Batik sebagai salah satu tradisi khas dari suku Jawa melahirkan beragam motif. Dahulu, bagi siapa saja yang memiliki baju batik dengan motif tertentu bisa melambangkan status sosial yang dimilikinya. Namun kini sudah tidak berlaku bagi masyarakat umum. Jika Anda berkunjung ke wilayah Keraton, Anda bisa melihat fenomena yang satu ini. Salah satunya adalah baju batik dengan  motif keris hanya diperuntukkan bagi keluarga bangsawan.

Peran Penting Batik pada Pernikahan Adat Jawa

Kini batik memang telah dikenal sebagai trend fashion. Sebelum mulai naik daun, baju-baju batik biasanya dikenakan pada saat upacara-upacara tertentu di dalam adat Jawa salah satunya adalah pernikahan. Motif pada baju batik memiliki arti tersendiri diantaranya:

  1. Batik Sido Mulyo memiliki makna mempelai akan hidup bahagia, sejahtera, mulia, dan mendapatkan limpahan rezeki.
  2. Batik Sido Luhur memiliki makna mempelai akan hidup berkecukupan baik dari materi maupun non materi dan memiliki budi, tindakan, serta ucapan yang luhur.
  3. Batik Sido Asih yang dikenakan mempelai wanita bermakna rumah tangga kedua mempelai akan diliputi kasih sayang.
  4. Batik Sido Mukti bermakna tercapainya kemakmuran dalam kehidupan mempelai dan masa depan yang baik.

Sebenarnya motif baju batik masih banyak yang memiliki makna saat dikenakan pada upacara atau acara tertentu bukan hanya saat pernikahan.

Batik yang Mendunia

Siapa sangka produk asli Indonesia yang pernah diperebutkan oleh negara lain ini sudah terkenal di mata dunia. Cukup banyak tokoh yang  mengenakan baju batik khas Indonesia ini seperti Nelson Mandela, Jesica Alba, Heidi Klum hingga artis K-POP. Terkenalnya batik di mata dunia tidak terlepas dari banyaknya public figur Indonesia yang mengenakan baju bermotif ini pada acara-acara penting yang melibatkan banyak relasi Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *