Baju Muslim Anda Kelunturan? Coba Hilangkan dengan Cara Efektif Ini!

Kelunturan menjadi momok tersendiri karena bisa menyebabkan baju menjadi tidak terlalu menarik seperti sedia kala, termasuk baju muslim yang tidak hanya dapat digunakan saat acara keagamaan misalnya pengajian namun juga bisa dipergunakan untuk harian, misalnya pergi ke kampus. Untuk menghilangkan noda luntur tersebut, Anda bisa menggunakan cara efektif berikut ini sehingga baju milik Anda tetap terlihat menarik.

Pertama adalah dengan menggunakan larutan vetsin dan detergen. Vetsin yang biasanya digunakan untuk penyedap rasa pada makanan ini bisa digunakan untuk menghilangkan noda karena kelunturan dengan cara:

  • Campurkan vetsin dan detergen dengan perbandingan 2:3. Jangan lupa untuk tambahkan air panas. Larutkan.
  • Rendam baju Anda yang terkena noda luntur dan pastikan semua bagian yang terkena noda luntur tersebut terendam.
  • Diamkan 30 menit sebelum dikucek dan cuci kembali dengan menggunakan deterjen murni lalu bilas.

Kedua adalah dengan menggunakan larutan cuka asam, garam dan deterjen. Pastikan jika Anda menggunakan larutan ini, baju muslim Anda yang kelunturan tersebut adalah baju yang baru saja kelunturan karena jika yang dibersihkan adalah noda lama maka butuh proses atau waktu yang cukup lama. Cara menggunakan larutan cuka, garam dan deterjen adalah:

  • Campurkan cuka, garam dan deterjen dengan perbandingan yang sama banyak.
  • Tambahkan dengan air panas aduk merata dan pastikan jumlah air mampu untuk merendam baju anda secara keseluruhan terutama yang terkena noda luntur.
  • Diamkan 30 menit lalu kucek sebentar dan bilas.

Ketiga adalah dengan larutan citrun dan deterjen. Larutan citrun tersebut bahkan bisa dipergunakan untuk menghilangkan noda tinta yang umumnya susah untuk dibersihkan. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk citrun dan sedikit garam ke campuran deterjen dan air yang dapat merendam pakaian seluruhnya. Diamkan sekitar 30 menit lalu cuci kembali menggunakan deterjen murni. Bilas hingga bersih.

Cara lainnya untuk membuat agar baju muslim Anda bebas dari noda luntur yang bisa membuat baju menjadi terlihat kurang menarik yaitu:

  • Baking soda: jika noda luntur belum parah dan warnanya tidak terlalu mencolok, Anda bisa menggunakan baking soda dengan cara mencampurkan baking soda ke deterjen dan beri air. Rendam pakaian Anda
  • Alkohol: cairan ini berfungsi untuk menghilangkan noda luntur yang disebabkan karena tinta. Anda bisa langsung menuangkan ke bagian yang bernoda lalu kucek hingga noda tersebut memudar. Sebelum mengering, jangan lupa untuk segera memasukkan baju tersebut ke larutan deterjen dan kucek hingga beberapa saat sebelum akhirnya dibilas.

Selain cara tersebut, anda bisa mengganti cairan alkohol dengan cairan aseton pembersih kuteks jika Anda tidak memiliki alkohol. Setelah bersih, pastikan Anda lebih memperhatikan cara cuci Anda dan tidak mencampurkan baju berwarna dengan baju putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *