Bahan Katun dan Harga Kain Terkini di Pasaran

Bagi para desainer, tahu berbagai macam jenis kain yang ada di pasaran adalah ilmu dasar yang harus dimiliki dalam membuat sebuah baju atau karya. Selain tahu jenisnya, para desainer baju juga harus tahu harga kain di pasaran sehingga tahu berapa budget yang dikeluarkan saat membuat sebuah baju untuk pelanggannya. Salah satu kain yang menjadi favorit pada desainer adalah bahan katun. Hal ini dikarenakan bahan katun adalah jenis bahan yang memiliki karakteristik unggulan dalam hal kualitas bahan, kenyamanan, dan fungsinya yang sangat menyerap keringat. Karena berbagai keunggulan tersebut, tak heran bahan katun jadi favorit pilihan para desainer baik dalam membuat baju maupun dalam berpenampilan sehari-hari.

Bila kamu tertarik untuk mencoba inspirasi kain yang lain, kamu bisa klik link ini:

https://review.bukalapak.com/fashion/fashion-anti-bosan-begini-5-cara-jenahara-nasution-padu-padan-outfit-monokrom-nya-23539-18571

Kain adalah suatau bahan yang berasal dari tenunan kapas sutra atau sintesis. Untuk jenis katun sendiri sebenarnya ada berbagai macam tergantung pada kualitas, cara membuat dan tentu saja harga kain itu sendiri. Salah satu jenis katun unggulan adalah katun combed. Jenis katun combed ini dibuat dengan benang kapas murni alami yang dipintal dengan menggunakan mesin khusus bernama combing. Mesin combing ini yang nantinya akan membuang serat-serat pendek kapas yang tak sempurna sehingga akan menghasilkan kain katun yang lembut dan halus. Karena kualitas yang dihasilkannya, tak heran katun combed menjadi bahan utama yang digunakan produsen baju dalam negeri maupun luar.

Beberapa sifat katun combed

Katun combed yang notabenenya merupakan katun pilihan, memiliki beberapa sifat dasar yakni, seratnya terbuat dari benang halus. Selain itu, katun combed juga tidak memiliki tekstur berbulu karena hasil rajutan kainnya sangatlah sempurna. Untuk tekstur, karena kain ini terbuat dari seratus persen kapa salami, maka rasa halus dan lembut adalah tekstur mutlak yang dimilikinya. Selain itu, seperti halnya jenis kain katun lainnya, katun combed juga menyerap keringat, sejuk saat dipakai, tidak mudah kusut ataupun luntur serta mudah diproses saat ingin disablon.

Varian katun combed yang ada di pasaran

Sebagai bahan kain favorit, ada beberapa varian katun combed berdasarkan benang rajut yang digunakannya. Hal ini disebabkan oleh jenis benang dan gramasi atau ketebalan yang dihasilkannya. Varian pertama dalah katun combed dengan benang 20s. Varian ini digunakan apabila baju yang ingin kamu buat adalah mempunyai ketebalan atau gramasi sebesar 180 hingga 220 gram per meter. Dan jenis rajutan yang digunakan untuk varian ini adalah rajutan single knit.

Varian kedua adalah katun combed dengan benang 24s dan digunakan apabila baju yang ingin kamu buat adalah mempunyai ketebalan atau gramasi sebesar 170 hingga 210 gram per meter. Untuk jenis ini, rajutan yang dipakai adalah single knit. Varian ketiga katun combed adalah benang 30s. Jenis varian ini digunakan apabila baju yang ingin kamu buat adalah mempunyai ketebalan atau gramasi sebesar 140 hingga 160 gram per meter untuk rajutan single knit. Ada pula rajutan double knit dimana gramasi yang dihasilkan adalah sebesar 210 hingga 230 gram per meter.

Varian terakhir benang katun combed adalah benang 40s. Varian ini biasa digunakan apabila baju ingin kamu buat adalah mempunyai ketebalan atau gramasi sebesar 110 hingga 120 gram per meter untuk rajutan single knit. Ada pula rajutan double knit dimana gramasi yang dihasilkan adalah sebesar 180 hingga 200 gram per meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *