6 Aturan Penting Dalam Mengenakan Jas Pria

6 Aturan Penting Dalam Mengenakan Jas Pria

Mengenakan jas merupakan opsi yang paling sering dipilih pria saat hadir dalam acara formal atau resmi. Meski identik dengan acara formal, namun rupanya mengenakan jas juga tak boleh sembarangan. Buktinya masih banyak kaum adam yang bingung dan bahkan tidak mengetahui aturan menggunakan jas pria yang benar.

6 Aturan Penting Dalam Mengenakan Jas Pria

Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan dalam berpakaian, ada baiknya Anda menyimak beberapa aturan penting dalam mengenakan jas berikut ini.

Gunakan Kaos Dalam Jika Banyak Berkeringat

Penggunaan kaos dalaman merupakan poin penting yang sering dilupakan saat mengenakan jas pria. Masih banyak pria yang enggan menggunakan kaos dalam sebagai layer, padahal kaos tersebut memiliki peran penting dalam menyerap keringat yang dikeluarkan tubuh. Dengan menggunakan kaos, keringat yang dihasilkan tubuh langsung terserap sehingga Anda tidak perlu sering mencuci jas dan membuatnya lebih tahan lama.

Ujung Celana Harus Jatuh Tepat di Atas Sepatu

Dalam penggunaan jas pria agar tampak lebih maskulin, yang perlu Anda perhatikan adalah memadukannya dengan item fashion yang tepat, seperti celana dengan ujung yang jatuh tepat di atas sepatu. Hindari mengenakan celana yang terlalu panjang karena akan mengurangi estetika gaya berbusana Anda. Sedangkan untuk tampilan yang lebih casual, Anda bisa memadukan jas Anda dengan mengenakan celana yang lebih tinggi atau bisa dengan menggulungnya

Panjang dan Warna Dasi

Salah satu item fashion yang identik dengan penggunaan jas pria adalah dasi. Dalam mengenakan dasi, hindari pemakaian yang panjangnya melebihi pinggang. Sebaliknya, pilihlah dasi yang panjangnya hanya mencapai pinggang atau sedikit lebih pendek. Selain itu, dalam pemilihan warna, pilihlah dasi yang warnanya lebih gelap daripada warna kemeja agar lebih tampak dan menonjol.

Panjang Jas Menutupi Resleting Celana

Aturan selanjutnya dalam mengenakan jas pria adalah panjangnya hingga menutupi resleting celana dan bokong. Hindari memakai jas yang terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Untuk mendapatkan jas dengan ukuran yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda, ada baiknya Anda bisa membuat setelan jas sendiri.

Aturan Kancing saat Menggunakan Jas

Jika Anda memakan rompi, maka yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan kancing jas pria paling bawah tidak dikait. Dalam aturannya, jika Anda mengenakan jas yang berkancing tiga, maka kancing paling tengah harus selalu dikaitkan dan untuk kancing paling atas Anda bisa mengaitkannya dan bisa pula tidak mengaitkannya. Agar tidak merusak kerapian jas dan juga untuk kenyamanan Anda, pastikan semua kancing terbuka saat dalam posisi duduk.

Memilih Jas Sesuai Bentuk Tubuh

Jika Anda memiliki bentuk tubuh yang cenderung kurus, sebaiknya pilihlah jas pria dengan double vent dan saku flap. Untuk menambah kesan bentuk tubuh yang lebih berisi.  Hindari penggunaan jas berkancing satu dan pilihlah jas berkancing tiga atau jas double breasted yang memiliki 6 kancing.

Sementara itu, untuk tubuh yang berotot, Anda harus memilih jas single vent yang simple dan pas di badan. Dan terakhir untuk bentuk tubuh yang gemuk, pilihlah jas dengan model single breasted yang memiliki saku jetted. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *