4 Tips Berikut Membantu Setiap Pemula Agar Tepat dalam Memilih Hijab

Memakai hijab atau busana wajib bagi muslimah tentu menjadi tahapan yang akan dilalui oleh semua perempuan muslim. Anda yang sudah lama memakai busana wajib ini tentu tidak lagi merasa canggung untuk menikmati berbagai jenis aktifitas tanpa perlu ganti pakaian. Namun, bagaimana bagi muslimah yang masih dalam proses berhijrah? Tentu akan menjumpai satu dan beberapa kesulitan hingga nanti bisa mencapai titik ‘terbiasa’ yang menjadikan busana wajib ini sebagai pilihan yang membuat hati tenang sekaligus bahagia.

Tips Memilih Busana Tertutup Bagi Pemula

Busana wajib bagi muslimah dewasa ini memang tampil dengan desain-desain yang sangat memikat dan modern sehingga menjadi magnet bagi muslimah muda untuk berhijrah. Supaya nyaman dan bisa langgeng menutup aurat maka pilih busana wajib Anda dengan cermat, beberapa tips berikut sekiranya bisa membantu:

  • Memilih model yang sesuai dengan selera,

Karena masih dalam tahap berhijrah dimana masih dalam proses maka usahakan memilih busana yang sesuai selera dan kepribadian. Tujuannya adalah untuk mengejar rasa nyaman terlebih dahulu sehingga benar-benar yakin dan fokus dengan keputusan berhijrah, perlahan bisa terus diperbaiki agar sesuai dengan akidah.

  • Pastikan bahan busana yang dipilih super nyaman,

Kadang kala muslimah yang baru belajar memakai hijab merasa kapok dan berniat menghentikan keinginan tersebut. Lantaran memilih jenis busana yang terbuat dari bahan yang keliru sehingga tidak pernah merasakan kenyamanan pada saat memakainya. Maka untuk menghindari kondisi ini menimpa Anda usahakan untuk selektif dan pintar dalam memilih bahan. Pastikan yang benar-benar nyaman dan tidak terasa panas, sebab terbiasa berpakaian tanpa kerudung tentu di masa awal akan terasa sangat gerah.

Baca Juga:Hijab Pashmina, Pilihan Paling Banyak untuk Acara Pengajian

  • Mulailah berhijrah secara bertahap,

Semua muslimah memiliki ceritanya masing-masing dalam berhijrah dan sebagian besar dilakukan secara bertahap. Awalnya dari busana pendek kemudian diganti panjang, lalu diganti dengan rok, kemudian gamis dan dilengkapi khimar syar’i. Selama proses tersebut tidak hanya butuh kesiapan mental namun juga finansial, maka jangan cemas jika hanya bisa dilakukan perlahan. Asalkan niatnya lurus dan benar maka dijamin akan di bukakan jalan agar proses berhijrah ini semakin terasa mudah dan manis, maka jangan ragu untuk belanja beberapa kali saja dalam setahun.

  • Sering berkonsultasi dengan teman seperjuangan,

Proses hijrah ini kadang terbentur oleh banyak hal yang membuatnya terasa sangat sulit dan juga menyiksa. Supaya menjadikannya lebih ringan dan mudah tentu tidak keliru apabila memilih sering melakukan konsultasi dengan teman seperjuangan. Mereka akan membantu menguatkan niat dan bisa berbagi informasi mengenai tempat belanja dan tempat terbaik untuk menambah ilmu agama. Konsultasi dan terbuka bersama teman baru dan sahabat lama penting supaya proses belajar memakai hijab lebih konsisten dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *