3 Hal Yang Mempengaruhi Fashion Hijab

3 Hal Yang Mempengaruhi Fashion Hijab

Bagi wanita yang beragama islam, selain beribadah, ada hal yang lain yang merupakan kewajiban yang harus diikuti. Memakai hijab adalah kewajiban lainnya. Dan itu sebenarnya tidak bisa ditawar, meskipun dalam kenyataannya masih sangat banyak yang belum menjalankan kewajiban yang satu ini. Hal positif yang bisa bisa ditangkap dari kondisi saat ini adalah makin besarnya kesadaran wanita muslimah untuk memakai hijab. Ini terlihat dari makin banyaknya yang menggunakan hijab dan dari berkembangnya indutri bisana muslim di tanah air. Fashion hijab yang terus berkembang  baik menjadi salah satu faktor yang mempunyai pengaruh besar. Dan setidaknya ada 3 hal yang mempengaruhi fashion hijab yang terus berkembang.

3 Hal Yang Mempengaruhi Fashion Hijab

Dulu tampilan wanita yang berhijab cenderung monoton, begitu – begitu saja. Tampilannya jadi kurang menarik. Mungkin karena memang dijadikan patokan hanya sisi aturannya saja secara islami. Sehingga ketika seorang wanita muslim yang memutuskan berhijab harus siap – siap tidak fashionable. Bagaimana sekarang? Saat ini fashion hijab jauh berkembang dari sebelumnya. Fashion hijab sekarang lebih menarik dan lebih modis. Sehingga wanita muslim yang berniat berhijab tidak perlu takut lagi mempunyai tampilan kurang menarik atau monoton. Wanita muslim yang berhijab sekarang justru mempunyai lebih menarik dan modis dengan tanpa melanggar kaidah yang ada.

  • Motif hijab

Hijab sebagai bagian fashion sudah mulai dilirik oleh para desainer dan para produsen. Mereka berlomba – lomba berkreasi  dengan membuat motif – motif yang menarik yang mungkin disukai oleh pangsa pasar. Dalam hal ini segmentasi wanita muslimah. Hal ini membuat makin beragamnya motif dari hijab yang bisa dipilih. Motif – motif ini silih berganti menjadi tren fashion hijab di tanah air. Contohnya sempet boomingnya tren motif bendera.

Baca Juga:Fashion Hijab Modis dan Kekinian

  • Bahan

Ini jelas sangat mempengaruhi. Makin beragamnya bahan yang digunakan untuk bahan pembuatan hijab, membuat dari sisi fashion semakin kaya. Dan tentu saja semakin banyak pilihan. Tentu saja tergantung selera masing – masing pada akhirnya. Setidaknya ada 16 bahan yang sekarang digunakan untuk hijab. Masing –masing bahan mempunyai karakteristik yang berbeda. Dalam arti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Dan tentu saja dengan harga  yang berbeda. 16 Bahan tersebut adalah sifon, hycon, voile, sutra, spandek, ceruty, higet, rayon, pe, tc, kaos, rajut, jersey, katun, kashmir dan polyster.

  • Bentuk

Untuk masalah bentuk terbagi 2 yaitu :

  • Bentuk dasar sesuai hasil produksi.

Ini maksudnya, hijab telah dibentuk ketika produksi dan penggunanya tinggal langsung pakai.

  • Bentuk hasil kreasi

Maksudnya adalah cara memakai hijab dengan bentuk – bentuk tertentu berdasarkan kreatifitas secara manual.

Hal – hal inilah yang mempengaruhi fashion dalam berhijab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *